Gunung Anak Krakatau Erupsi, Abu Vulkanik Capai 1 Kilometer

Kamis, 14 Desember 2023 - 12:47 WIB
loading...
Gunung Anak Krakatau Erupsi, Abu Vulkanik Capai 1 Kilometer
Gunung Anak Krakatau (GAK) kembali erupsi dan menyemburkan abu vulkanik setinggi 1.000 meter pada Kamis (14/12/2023) pagi. Foto/Istimewa
A A A
LAMPUNG SELATAN - Gunung Anak Krakatau (GAK) kembali erupsi dan menyemburkan abu vulkanik setinggi 1.000 meter pada Kamis (14/12/2023) pagi. Berdasarkan data magma Indonesia letusan perdana terjadi pukul 05.37 WIB.

Dari data tersebut diketahui ketinggian kolom letusan yang teramati mencapai 1.000 meter di atas puncak atau 1.157 meter di atas permukaan laut. Erupsi yang teramati serta terekam di seismograf mencatat kolom abu tebal berwarna kelabu mengarah ke Utara.



Kepala Pos Pemantauan Gunung Anak Krakatau Lampung Andi Suwardi mengatakan, erupsi dengan semburan abu vulkanik cukup tinggi merupakan erupsi pertama di hari ini. ”Iya hari ini terjadi lagi erupsi, ini yang pertama di hari ini. Erupsi pukul 05.30 WIB,” kata Andi.

Menurut Andi, erupsi yang terjadi beberapa hari belakangan masih tergolong normal dalam pembentukan badan baru. ”Masih normal, ini kan suatu proses pembentukan badan baru, masih terus kita lakukan pemantauan,” ucapnya.



Sejak kemarin hingga hari, Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Vulkanologi (PVMBG) mencatat ada 7 kali erupsi GAK yang terekam seismograf. ”Jika dari kemarin, ada 7 kali erupsi,” kata Andi.

Namun demikian, Andi tetap mengimbau masyarakat agar tidak melakukan aktivitas di sekitar GAK dengan jarak yang telah ditentukan. Meski GAK erupsi, lanjutnya, untuk statusnya masih dalam siaga level III.

”Kami tetap mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas di dekat GAK dengan radius 5 kilometer. Untuk statusnya masih dalam siaga level III,” pungkasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1372 seconds (0.1#10.140)