4 Fakta Menarik Keris Mpu Gandring, Senjata Pusaka Terkutuk dari Singasari

Sabtu, 02 Desember 2023 - 16:30 WIB
loading...
4 Fakta Menarik Keris Mpu Gandring, Senjata Pusaka Terkutuk dari Singasari
Keris Mpu Gandring memiliki kesaktian dan kutukan mengerikan. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Keris Mpu Gandring merupakan salah satu pusaka yang tak bisa lepas dari Kerajaan Singasari dan legenda Ken Arok . Bagaimana tidak, keris ini seakan menjadi saksi bisu bagaimana kerajaan tersebut berdiri hingga runtuh.

Selain itu, keris Empu Gandring juga menjadi senjata untuk mengudeta penguasa sebelumnya. Tak heran jika popularitas keris Mpu Gandring sampai saat ini masih tertanam di benak masyarakat.

Keris ini dianggap sebagai benda pusaka bersejarah yang memiliki kisah yang tak terlupakan. Berikut sejumlah fakta menarik tentang Keris Empu Gandring.

Fakta Menarik Keris Mpu Gandring


1. Dibuat oleh Mpu Gandring


Keris tersebut sebenarnya tak memiliki nama. Benda pusaka tersebut diberi nama dari sang penciptanya sendiri, yakni Mpu Gandring.



Mpu Gandring adalah seorang pandai besi atau empu yang sangat mahir dalam seni membuat keris. Namanya yang cukup terkenal pada saat itu.

Ken Arok yang berencana untuk membunuh Tunggul Ametung lantas meminta bantuan Mpu Gandring untuk membuatkannya keris sakti.

Dengan berbagai persyaratan yang diajukan oleh Ken Arok, akhirnya Mpu Gandring pun menyanggupi dengan segenap kekuatan gaib dan kemampuan yang dimiliki.

2. Terbuat dari Batu Meteor dan Bisa Ular


Demi mewujudkan pesanan Ken Arok, Mpu Gandring melakukan tirakat, puasa dan ritual khusus sebelum memilih bahan untuk membuat keris tersebut agar keris tersebut bertuah.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2501 seconds (0.1#10.140)