Patimban Dirancang Jadi Kota Pelabuhan Terbaik se-Asia Tenggara

loading...
Patimban Dirancang Jadi Kota Pelabuhan Terbaik se-Asia Tenggara
Ilustrasi pelabuhan/SINDOnews/Agung BS
BANDUNG - Pemprov Jabar bertekad menjadikan kawasan Patimban dan sekitarnya menjadi kota pelabuhan terbaik se-Asia Tenggara seiring pembangunan pelabuhan berskala internasional di Patimbam, Kabupaten Subang.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan, guna mewujudkan tekad tersebut, pihaknya sudah melakukan pembicaraan dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) terkait desain master plan Kota Baru Patimban.

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu berharap, kehadiran Pelabuhan Patimban bisa mendorong pertumbuhan ekonomi kawasan.

Terlebih, Pelabuhan Patimban berada di kawasan Rebana (Cirebon-Subang-Majalengka) yang juga dirancang sebagai pusat ekonomi Jabar masa depan.



"JICA sudah berjanji kepada kami untuk mendesain master plan Kota Baru Patimban. Kita berharap (ada) muntahan ekonomi karena saya sedang menghitung multiplier effect dari Patimban," ujar Kang Emil dalam keterangan resminya, Sabtu (8/8/2020).

Hal tersebut juga telah disampaikan langsung Kang Emil saat melakukan video conference bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia (RI), Budi Karya Sumadi terkait progress pembangunan Pelabuhan Patimbam, Jumat (7/8/2020).

Kang Emil melanjutkan, pihaknya yakin kehadiran Pelabuhan Patimban memberikan multiplier effect yang luar biasa, mulai dari hadirnya ribuan pekerjaan hingga pertumbuhan-pertumbuhan ekonomi turunannya.



"Kami juga sudah merencanakan pembangunan politeknik kemaritiman di Patimban," imbuhnya.
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top