Akun WhatsApp Butet Sudah Pulih, Dibantu Teman IT hingga Polda DIY

Minggu, 10 Desember 2023 - 19:07 WIB
loading...
Akun WhatsApp Butet Sudah Pulih, Dibantu Teman IT hingga Polda DIY
Seniman Butet Kartaredjasa mengaku akun WhatsApp (WA) miliknya sudah kembali bisa digunakan setelah dibantu teman hingga Polda DIY. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
YOGYAKARTA - Seniman Butet Kartaredjasa mengaku akun WhatsApp (WA) miliknya sudah kembali bisa digunakan setelah dibantu teman hingga Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Butet menyebut seluruh dokumen yang sempat hilang ketika dilumpuhkan juga sedang dalam proses pemulihan secara bertahap.

"Iya, sejak pukul 14.30 WIB hari ini akun WhatsApp saya sudah kembali bisa digunakan lagi. Dokumen-dokumen didalamnya yang hilang digondol maling, secara bertahap juga pulang kembali," kata Butet dalam keterangannya kepada wartawan, Minggu (10/12/2023).

Butet pun berterima kasih kepada seluruh pihak yang membantu pengembalian akun WA miliknya. Termasuk kepada Polda DIY . "Terima kasih kawan yang jagoan IT di Yogya dan tim cyber crime Polda DIY yang sejak kemarin berjuang menghidupkan WA saya," jelasnya.

Lebih jauh, Butet enggan mempersoalkan dalang kasus peretasan yang sempat menimpa akun WA-nya. Menurutnya yang jauh lebih penting akunnya sudah kembali seperti sedia kala. "Untuk saya yang penting saya udah bisa berkomunikasi lagi kayak biasanya," tandasnya.

Butet menyebut dia tak bisa mengakses WA miliknya Sabtu (9/12/2023) pukul 03.00 WIB. Sebelum itu, dia mengaku melihat notifikasi macam pembaharuan sistem operasi iOS. Saat itu ia bahkan sempat sama sekali tak mampu mengakses sambungan seluler.

Panggilan masuk maupun keluar tidak bisa dilakukan. Setelahnya, dia mendapatkan notifikasi yang menyatakan akun WhatsApp mililknya akan kembali dalam waktu 18 jam.

Butet pribadi ogah menduga-duga jika kejadian ini memiliki benang merah dengan pengakuannya perihal intimidasi saat hendak pentas teater di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta, awal Desember lalu. Butet pun telah meminta bantuan rekan-rekannya ahli IT serta tim siber Polda DIY untuk memeriksa apa yang sebenarnya terjadi.

Dia juga memastikan tak akan membuat laporan kepolisian soal dugaan peretasan. "Enggak, tidak ada yang perlu saya laporkan, saya cuma menceritakan ke publik saja apa yang terjadi pada saya," terangnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2173 seconds (0.1#10.140)