Panen di Januari, Produktifitas Padi di Grobogan Mencapai 7-9 Ton/Ha

Jum'at, 12 Januari 2018 - 10:46 WIB
Panen di Januari, Produktifitas Padi di Grobogan Mencapai 7-9 Ton/Ha
Panen di Januari, Produktifitas Padi di Grobogan Mencapai 7-9 Ton/Ha
A A A
JAKARTA - Untuk pertama kalinya, Kabupaten Grobokan di Jawa Tengah melakukan panen raya di bulan Januari. Panen kali ini juga cukup baik dengan hasil 7-9 ton gabah kering panen perhektare.

Panen kali ini dihadiri langsung oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementan Muhammad Syakir. Panen dilakukan di atas hamparan seluas 492 hektare yang sebagian besarnya menggunakan varietas Ciherang.

Areal yang dipanen hari ini seluas 60 hektare yang telah menggunakan sistem pertanaman jajar legowo 5:1, dan pola tanam yang biasa digunakan adalah padi-palawija-padi atau padi-padi-palawija.

“Di Grobogan, khususnya Kecamatan Penawangan sebelumnya tidak pernah panen di bulan Januari seperti ini, dan di hamparan tadi panennya bagus dengan produktivitas 7 hingga 9 ton perhektare,” kata Syakir melalui rilisnya, Jumat (12/1/2018).

Panen juga dilakukan dengan combine harvester yang menurut petani bisa mengatasi kelangkaan tenaga kerja yang biasa terjadi di wilayah itu. Penggunaan mekanisasi ini juga bisa meminimalisir kehilangan hasil sehingga petani bisa menikmati hasil panen yang lebih tinggi.

Dalam panen ini, Kepala Balitbangtan juga menyerahkan bantuan benih padi varietas Inpari 42 dan 43 sebanyak 2 ton kepada perwakilan kelompok tani.

“Benih yang dipakai rata-rata masih yang lama seperti Ciherang, yang semakin lama kualitasnya akan semakin menurun. Sehingga pemerintah menyediakan benih untuk memperbaiki kualitas hasil dan meningkatkan produksi pertanian,” ujarnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6669 seconds (0.1#10.140)