Awas! Ini Titik Rawan Bencana di Kawasan Wisata Bandung Barat

Jum'at, 08 Desember 2023 - 13:40 WIB
loading...
Awas! Ini Titik Rawan Bencana di Kawasan Wisata Bandung Barat
Jalur Wisata di Kawasan Desa Langensari, Kecamatan Lembang, KBB yang Sempat Terdampak Longsor. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG BARAT - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengingatkan wisatawan untuk mewaspadai kondisi cuaca ekstrem saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).Terutama bencana alam seperti tanah longsor dan pohon tumbang.

Termasuk di kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat yang didominasi wisata alam dan jadi destinasi favorit pelancong untuk menghabiskan libur Nataru.

”Kita nanti ada edaran atau imbauan supaya masyatakat khususnya wisatawan yang berkunjung ke KBB agar meningkatkan kewaspadaan,” kata Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Bandung Barat Dedi Supriadi, Jumat (8/12/2023).



Dedi mengatakan, pihaknya saat ini bersama unsur kewilayahan sedang melakukan pemetaan potensi rawan bencana di kawasan destinasi wisata seperti di Lembang. Selain itu, pihaknya juga meminta kewilayahan meningkatkan kewaspadaan.

”Kita minta ke wilayah untuk memetakan potensi titik-titik bencana karena kan yang lebih tahu kewilayahan dimana saja. Kami juga minta kewilayahan untuk meningkatkan kewaspadaan,” kata Dedi.

Dia membeberkan, sebagian objek wisata di Bandung Barat sudah melakukan mitigasi bencana. Kemudian BPBD KBB ke depannya berencana mengadakan sosialisasi secara langsung kepada para pengelola melalui PHRI terkait pencegahan kebencanaan. Baca Juga:

”Ada sebagian di lokasi wisata ada jalur evakuasi sudah ada. Rencananya nanti akan ada sosialisasi terkait mitigasi khusus ke pengelola wisata,” ucapnya.



Dirinya melanjutkan, secara keseluruhan wilayah Bandung Barat masuk kategori rawan bencana geohidrometeorologi. Dari mulai banjir, longsor, angin puting beliung, angin kencang, curah hujan ekstrem hingga gempa bumi karena terdapat Sesar Lembang.

Namun yang paling rentan dimusim penghujan saat ini menurut Dedi ialah bencana longsor. Dia menyebutkan hampir semua kecamatan di Bandung Barat masuk kategori rawan longsor.

”Yang lagi tren di KBB sekarang dengan curah hujan tinggi banyak longsor. Dari 16 kecamatan, hampir semua punya potensi. Kalau untuk potensi pohon tumbang di seperti di jalur kita koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup,” pungkasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1186 seconds (0.1#10.140)