Pasca Erupsi Sinabung, BPBD Karo Bagikan Masker untuk Warga

loading...
Pasca Erupsi Sinabung, BPBD Karo Bagikan Masker untuk Warga
Pasca erupsi Gunung Sinabung Sabtu (8/8/2020) pukul 01.58 WIB, BPBD Karo lakukan pembagian masker. Foto/Ist.
A+ A-
KARO - Pasca erupsi Gunung Sinabung Sabtu (8/8/2020) pukul 01.58 WIB, BPBD Karo, melakukan pembagian masker, dan pembersihan di sejumlah kawasan terpapar abu vulkanik untuk mengurangi dampak.

(Baca juga: Gunung Sinabung Kembali Bergejolak, Awas Erupsi Susulan)

"Sebanyak 1.500 buah masker sudah kita bagikan kepada warga. 1.000 dari Pemda Karo, dan 500 dibantu jajaran Kodim 0205/TK," ujar Plt Kepala BPBD Karo, Natanail Perangin Angin.



Menurut Natanail, untuk meminimalkan dampak paparan abu vulkanik hasil erupsi Gunung Sinabung, terhadap jalan dan hunian warga, pihaknya telah menerjunkan lima unit Damkar guna penyiraman. Untuk tahap awal dilaksanakan di kawasan terdampak paling parah.

"Paparan abu vulkanik erupsi kali ini mengenai empat kecamatan. Di antaranya Naman Teran, Merdeka, Dolat Rayat, dan Berastagi. Namun yang terparah menerpa Kecamatan Naman Teran. Disana menyerupai hujan lumpur," beber Natanail.

Hingga pukul 12.20 WIB, Tim BPBD Karo, dan instansi terkait lainnya masih berada di lapangan untuk melakukan tinjauan dan penyuluhan. Warga dan wisatawan tetap dilarang memasuki zona merah Sinabung.



(Baca juga: Diduga Sopir Mengantuk, Ambulans Bawa Pasien Tabrak Batas Jalan)

Informasi yang diperoleh dari Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), hingga siang ini status Gunung Sinabung masih tetap berada pada Level III (Siaga).
(eyt)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak