Dukuh Kasagotan, Hadiah Istimewa Gajah Mada dari Kegemilangan Kerajaan Majapahit

Jum'at, 08 Desember 2023 - 06:16 WIB
loading...
Dukuh Kasagotan, Hadiah Istimewa Gajah Mada dari Kegemilangan Kerajaan Majapahit
Sosok Gajah Mada, hasil pecintraan artificial intelligence (AI) yang diunggah akun Instagram @ainusantara. Foto/Instagram/@ainusantara
A A A
Gajah Mada mengantarkan Kerajaan Majapahit menuju kegemilangannya. Mahapatih Gajah Mada yang mendampingi Raja Hayam Wuruk membuat Majapahit disegani di nusantara.

Bahkan berkat kebijakan politiknya, Majapahit berhasil menyatukan nusantara melalui Sumpah Palapa yang diucapkan. Sang mahapatih ini konon memiliki strategi politik cukup jitu dan bagus.

Di sisi lain Gajah Mada dikenal memiliki pribadi yang bijaksana dalam kepemimpinan dan dipercaya. Hal ini pun membuat Gajah Mada mendapat hadiah istimewa dari Raja Majapahit Hayam Wuruk.



Gajah Mada memang terkenal memiliki kecakapan seorang perwira, kendati secara asal-usul bukan dari golongan pejabat tinggi. Ia memiliki sifat - sifat bijaksana dalam kepemimpinan.

Tak hanya itu ia juga terkenal dapat dipercaya, fasih dan tajam dalam berbicara, jujur, tenang, setia, dan patuh pada raja.

Enung Nurhayati dalam bukunya ‘Gajah Mada Sistem Politik dan Kepemimpinan’ mengisahkan, bagaimana naskah Kakawin Negarakretagama mendeskripsikan detail sifat sang mahapatih ini.

Sebagai pejabat pemerintahan yang sangat pemberani, bijaksana, mahir, serta setia bakti pada raja dan negara. Tak hanya itu, ia juga fasih dan ahli berbicara, tapi tenang dalam berbicara, dan usahanya tak pernah menyimpang.



Ia digambarkan sebagai tangan kanan raja patih utama dan pengamanan wibawa raja. Akibat kesetiaan dalam mengamankan sang raja inilah, konon Hayam Wuruk yang menjabat sebagai raja Majapahit kala itu memberinya sebuah hadiah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1128 seconds (0.1#10.140)