Cium Aroma Kecurangan Pemilu 2024, Warga Yogyakarta Bakar Ogoh-ogoh di KPU

Kamis, 07 Desember 2023 - 17:44 WIB
loading...
Cium Aroma Kecurangan Pemilu 2024, Warga Yogyakarta Bakar Ogoh-ogoh di KPU
Warga Yogyakarta, yang tergabung dalam Patembayan Nusantara, menggelar aksi bakar ogoh-ogoh di depan kantor KPU DIY, sebagai bentruk protes adanya indikasi kecurangan Pemilu 2024. Foto/MPI/Erfan Erlin
A A A
YOGYAKARTA - Warga Yogyakarta, yang tergabung dalam Patembayan Nusantara, menggelar aksi bakar ogoh-ogoh di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Aksi ini dilakukan, sebagai bentuk protes adanya aroma kecurangan dalam pelaksanaan Pemilu 2024.



Aroma kecurangan Pemilu 2024 tersebut, dirasakan warga yang tergabung dalam Patembayan Nusantara, melalui aturan yang diterbitkan pemangku kebijakan. Mereka kawatir, proses demokrasi akan tercederai.



Massa yang terdiri dari para seniman tari ini, mengarak ogoh-ogoh atau patung Bhuta Kala ke depan pintu masuk KPU DIY. Usai menggelar orasi dan juga menari, ogoh-ogoh setinggi 1,5 meter tersebut kemudian dibakar di depan kantor KPU DIY.



Dengan mengenakan kostum Anoman Obong, massa tiba di kantor KPU DIY sekitar pukul 13.00 WIB. mereka kemudian menari mengitari ogoh-ogoh tersebut, sembari mengucapkan sejumlah tetembangan. Mereka kemudiam membakar ogoh-ogoh tersebut bersama pimpinan KPU DIY.

Massa menyentil KPU yang saat ini, karena diduga melakukan kecurangan. Hal tersebut terlihat dari kebijakan yang diterbitkan oleh KPU hanya menguntungkan salah satu calon presiden dan calon wakil presiden (capres/cawapres).

Juru bicara Patembayan Nusantara, Agus Becak mengatakan, pihaknya datang ke KPU DIY melakukan aksi budaya dengan menyimbolkan anoman obong sebagai rakyat yang mengingatkan pada Bhuta Kala dengan membakarnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1271 seconds (0.1#10.140)