Cuaca Ekstrem Bayangi Jawa Tengah 3 Hari ke Depan, Ini Wilayah yang Terdampak

Kamis, 07 Desember 2023 - 14:15 WIB
loading...
Cuaca Ekstrem Bayangi Jawa Tengah 3 Hari ke Depan, Ini Wilayah yang Terdampak
BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem di wilayah Jawa Tengah tiga hari kedepan hingga 9 Desember 2023. Foto/SINDOnews
A A A
SEMARANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem di wilayah Jawa Tengah (Jateng) tiga hari kedepan hingga 9 Desember 2023.

Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Yoga Sambodo mengatakan potensi cuaca ekstrem ini dipengaruhi oleh adanya dinamika atmosfer di antaranya hangatnya suhu muka laut di wilayah perairan Jawa Tengah (Laut Jawa).

Kemudian, Madden Julian Oscillation (MJO) yang secara spasial terpantau aktif pada kuadran 4 (Maritime Continent) yang berkontribusi terhadap proses pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia.



“Kelembapan udara yang cukup tinggi dari lapisan permukaan hingga lapisan 500mb. Labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal diamati di Jawa Tengah. Serta, aktifnya gelombang Rossby di sekitar Laut jawa,” ungkap Yoga, Kamis (7/12/2023).

Yoga mengatakan kondisi diatas menyebabkan peningkatan potensi cuaca ekstrem berupa hujan dengan intensitas sedang - lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang di beberapa wilayah Jawa Tengah selama periode hingga 9 Desember mendatang.



“Masyarakat diimbau agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode tiga hari ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, tanah longsor, dan angin kencang terutama masyarakat di wilayah rawan bencana hidrometeorologi,” imbaunya.

Berikut daftar wilayah di Jateng yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem periode 7-9 Desember 2023:

Tanggal 07 Desember 2023: Banjarnegara, Batang, Blora, Brebes, Grobogan, Kudus, Kab. Magelang, Pati, Kab. Pekalongan, Purbalingga, Rembang, Sragen, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, dan sekitarnya.

Tanggal 08 Desember 2023: Banjarnegara, Karanganyar, Kab. Pekalongan, Sragen, Wonogiri, dan sekitarnya.

Tanggal 09 Desember 2023: Banjarnegara, Karanganyar, Sragen, Temanggung, Wonosobo, dan sekitarnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2132 seconds (0.1#10.140)