Cuaca Ekstrem! Masyarakat Manado Diminta Waspada

Selasa, 10 Januari 2023 - 22:18 WIB
loading...
Cuaca Ekstrem! Masyarakat Manado Diminta Waspada
Masyarakat Kota Manado, Sulut diminta mewaspadai dampak cuaca ekstrem. Terutama akibat curah hujan yang cukup tinggi yang rawan banjir dan longsor. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
MANADO - Masyarakat Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut) diminta mewaspadai dampak cuaca ekstrem. Terutama akibat curah hujan yang cukup tinggi yang mengakibatkan rawan banjir dan longsor.

"Kami menerima Informasi Siaga dan Waspada Cuaca Ekstrem dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Manado, sehingga saya harap masyarakat mematuhi imbauan ini," kata Wali Kota Manado Andrei Angouw, Selasa (10/2/2023).


Dia mengimbau warga yang tinggal di daerah rawan longsor, banjir, pohon tumbang, angin puting beliung, dan gelombang tinggi agar meningkatkan kewaspadaan.

"Lebih khusus, warga yang tinggal di dekat sungai dan laut, saat ini gelombang tinggi dan curah hujan yang cukup tinggi," ujarnya.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) Provinsi Sulawesi Utara menjelaskan tentang prakiraan cuaca dan potensi cuaca ekstrem periode 7-12 Januari 2023.

Kepala Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Dhira Utama menyatakan bahwa berdasarkan analisis kondisi iklim wilayah Sulawesi Utara, maka saat ini berada pada musim hujan dengan kondisi dinamika atmosfer di wilayah Sulawesi Utara cukup signifikan.



Dalam analisis kondisi dinamika atmosfer di wilayah Indonesia masih cukup signifikan. Sehingga berpengaruh terhadap peningkatan hujan di wilayah Indonesia.

"Terdapat potensi sistem sirkulasi siklonik yang membentuk pola belokan angin serta perlambatan kecepatan angin di wilayah Sulawesi Utara," ujarnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1970 seconds (0.1#10.140)