Miris dengan Kondisi RSUD Lembang, Pj Bupati Bandung Barat: Ini Parah!

Kamis, 07 Desember 2023 - 13:20 WIB
loading...
Miris dengan Kondisi RSUD Lembang, Pj Bupati Bandung Barat: Ini Parah!
Pj Bupati Bandung Barat, Arsan Latif mengatakan kondisi bangunan RSUD Lembang tidak layak untuk digunakan karena rawan ambruk. Foto/MPI/Ferry Bangkit Rizki
A A A
BANDUNG BARAT - Penjabat (Pj) Bupati Bandung Barat, Arsan Latif mengatakan kondisi bangunan RSUD Lembang tidak layak untuk digunakan. Sebab, kondisi bangunannya rawan ambruk. Apalagi posisinya berdiri di sisi tebing.

"Dari beberapa RSUD yang ada di Bandung Barat, ini yang paling parah. Setelah tadi mengecek beberapa ruangan, kondisinya sudah renggang-renggang, ibarat kardus melilit ya, saya gak berani," ungkap Arsan saat meninjau RSUD Lembang, Rabu (6/12/2023).



Kondisi RSUD Lembang kian mengkhawatirkan dan rawan ambruk karena pada Senin (4/12/2023) terjadi pergeseran tanah dan merobohkan tembok penahan tanah (TPT) di belakang rumah sakit.



Bukan hanya dipicu intensitas hujan, kejadian itu juga dipengaruhi karena bangunan RSUD berada di jalur rawan gempa karena berada di garis Sesar Lembang.

Arsan membeberkan, hasil peninjauan beberapa sisi bangunan terlihat sudah terjadi retakan. Terutama di ruangan administrasi pegawai RSUD Lembang. Lantai keramik juga rusak karena terdorong pergerakan tanah.

"Coba segera berikan saran dan rekomendasi bagaimana menyelesaikan persoalan ini. Ini menyangkut pelayanan dasar, segera selesaikan apapun caranya. Miris melihat kondisi rumah sakit yang sudah separah ini dan masih dipakai," ujar Arsan.


Ia mengapresiasi para pegawai RSUD Lembang masib bekerja memberikan pelayanan kepada para pasien ditengah ancaman bencana karena kondisi bangunan yang memprihatinkan. Untuk mencegah kejadian lebih parah, ia memerintahkan Direktur RSUD Lembang segera berkoordinasi dengan Dinas PUTR dan Dinas Kesehatan.

"Jangan sampai masyarakat menjadi korban dari permasalahan ini. Saya perintahkan Dinas PUTR dan Dinas Kesehatan memberikan solusi terbaik secepatnya karena terus terang saya sangat miris melihat kondisi ini," kata Arsan.

Kepala UPT Jalan dan Jembatan Wilayah 1 Lembang pada Dinas PUTR Bandung Barat, Yogi Maxi Antoni menyatakan, pihaknya menyarankan agar RSUD Lembang tidak digunakan sementara sebelum dilakukan penguatan struktur bangunan.

"Kita rekomendasikan agar lebih mengutamakan keselamatan yang pertama, kita sarankan bangunan dikosongkan. Pihak RSUD juga katanya sudah merencanakan akan mengalihkan pelayanan rawat jalan ke tempat rawat inap karena lebih aman," ujar Yogi.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6385 seconds (0.1#10.140)