5 Fakta Menarik tentang Sabang, Keindahan Alam di Ujung Barat Indonesia

Kamis, 07 Desember 2023 - 12:18 WIB
loading...
5 Fakta Menarik tentang Sabang, Keindahan Alam di Ujung Barat Indonesia
Kota Sabang dikelilingi oleh Taman Laut Aceh yang menjadi rumah bagi keanekaragaman hayati bawah laut. Foto/Instagram @sabang_explore
A A A
JAKARTA - Banyak fakta menarik tentang Sabang . Kota yang terletak di ujung barat Indonesia ini terkenal karena keindahan alamnya yang menakjubkan.

Sabang berada terletak di ujung barat laut Pulau Weh, di Provinsi Aceh, Indonesia. Kota ini terkenal karena keindahan pantai dan pesona alam bawah laut.

Berikut deretan fakta menarik tentang Sabang, keindahan alam di ujung Barat Indonesia.

Fakta Menarik tentang Sabang


1. Pusat Waktu Indonesia Barat


Sabang menjadi referensi waktu resmi untuk Indonesia Barat. Garis lintang yang melalui Kota Sabang, yaitu 95 derajat bujur timur, ditetapkan sebagai Garis Waktu Indonesia Barat (WIB). Ini yang menyebabkan waktu di Sabang sejalan dengan waktu resmi Indonesia Barat.


2. Titik Nol Kilometer Indonesia


Tidak hanya menjadi titik terluar Indonesia, Sabang juga menjadi titik awal dari jarak nol kilometer Pulau Sumatera. Di sini terdapat monumen yang menandai titik nol kilometer Indonesia yang menjadi ikon bagi para pengunjung yang ingin mengabadikan momen.

3. Taman Laut yang Menakjubkan


Pulau Weh di Sabang dikelilingi oleh Taman Laut Aceh yang menjadi rumah bagi keanekaragaman hayati bawah laut. Fakta menariknya, ada lebih dari 300 spesies terumbu karang di sekitar Pulau Weh dengan berbagai jenis biota laut yang langka.



Bagi para penyelam, keindahan dan keanekaragaman hayati di Taman Laut Aceh menjadikannya surga yang tak terlupakan.

4. Lokasi Geografis yang Memukau


Sabang merupakan kota paling barat di Indonesia dan memiliki titik terluar di wilayah NKRI, yaitu Pulau Weh. Pulau ini terletak di sebelah utara Sumatera, tepatnya di Laut Andaman.

Keunikan geografis ini membuat Sabang menjadi destinasi yang sangat istimewa bagi para pelancong yang ingin menjelajahi ujung barat Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2771 seconds (0.1#10.140)