Banjir Rendam 350 Rumah di Cimahi, Ini Biang Kerok Pemicunya

Rabu, 06 Desember 2023 - 15:57 WIB
loading...
Banjir Rendam 350 Rumah di Cimahi, Ini Biang Kerok Pemicunya
DPKP Kota Cimahi mengungkap penyebab banjir yang merendam 350 warga di Kelurahan Melong, Cimahi Selatan pada Selasa (5/12/2023) saat diguyur hujan deras. Foto/MPI/Ferry Bangkit Rizki
A A A
CIMAHI - Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi mengungkap penyebab banjir yang merendam 350 warga di Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan pada Selasa (5/12/2023) saat diguyur hujan deras.

Kepala Bidang Perumahan dan Pemukiman pada DPKP Kota Cimahi Sambas Subagja mengatakan, penyebab banjir di sejumlah titik di Kota Cimahi termasuk di Melong dikarenakan kondisi sungai yang tidak mampu menampung debit air sehingga akhirnya meluap ke pemukiman warga.



"Semua drainase primer dalam hal ini sungai-sungai yang ada di Kota Cimahi itu kapasitasnya dibawah desain yang seharusnya. Jadi kapasitasnya terlalu kecil sudah tidak memadai, makannya dengan hujan seperti kemarin terjadilah banjir di mana-mana karena sungainya sudah meluap tidak bisa menampung lagi," ungkap Sambas, Rabu (6/12/2023).



Selain daya tampung sungai yang tidak memadai, ungkap Sambas, sedimentasi dan sampah yang masuk ke sungai juga menjadi pemicu lain terjadinya banjir di wilayah Melong.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat tak membuang sampah ke sungai.

"Tapi yang jadi perhatian kita adalah terpengaruh juga dengan adanya sedimentasi dan sampah. Kemarin di beberapa titik yang kami lihat meluapnya air dari saluran itu karena setelah kami inpeksi salurannya banyak sampah juga," beber dia.



Penyebab lainnya, kata dia, pihaknya juga menemukan faktor lain yang memperparah banjir di Kota Cimahi. Yakni ada beberapa beberapa penempatan utilitas yang tidak ideal sehingga menghalangi dan mengurangi kapasitas saluran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1250 seconds (0.1#10.140)