Erupsi Gunung Marapi, Gubernur Sumbar: Percepat Evakuasi Korban!

Selasa, 05 Desember 2023 - 12:33 WIB
loading...
Erupsi Gunung Marapi, Gubernur Sumbar: Percepat Evakuasi Korban!
Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah meninjau proses evakuasi korban erupsi Gunung Marapi dari Posko Erupsi Batu Palano di Kabupaten Agam. Foto/MPI/Rus Akbar
A A A
AGAM - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah meminta seluruh korban yang masih hilang akibat erupsi Gunung Marapi segera di evakuasi. Hal itu dikatakannya saat meninjau proses evakuasi di Posko Erupsi Batu Palano di Kabupaten Agam.

“Kita telah berkomunikasi dengan dengan seluruh pihak terkait seperti BPBD, Basarnas, dan TNI, Polri, Dinas Kesehatan, serta Relawan agar bekerja maksimal dan dapat mengevakuasi seluruh korban sesegera mungkin,” kata Mahyeldi, Selasa (5/12/2023).

Dia meminta seluruh pihak terkait untuk bekerja maksimal dalam melakukan evakuasi terhadap seluruh korban dan telah menyiapkan Rumah Sakit Achmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi sebagai sarana pelayanan medis utama dan sarana istirahat keluarga korban.



Mahyeldi juga minta seluruh korban yang berhasil dievakuasi akan langsung dibawa ke RSAM Bukittinggi untuk selanjutnya diberikan penanganan medis.

”Kita telah siagakan, para dokter beserta paramedis lainnya di RSAM khusus untuk penanganan korban erupsi Gunung Marapi, harapannya seluruh korban dapat tertangani secara maksimal,” katanya.

Kata Mahyeldi, RSAM tidak hanya kita siapkan untuk korban semata tapi juga untuk para keluarga korban, sekaligus mempermudah mereka untuk mendapatkan perkembangan informasi dari lapangan.



“Di RSAM juga kita fasilitasi ruang istirahat bagi para keluarga korban,” tuturnya.

Mahyeldi juga mengajak masyarakat terutama yang bermukim di sekitar kawasan Gunung Marapi untuk tetap meningkatkan kewaspadaan selama menjalankan aktivitas sehari-hari, mengingat erupsi masih terus terjadi hingga saat ini.

“Kita juga meminta seluruh pihak untuk tidak memposting gambar wajah para korban erupsi Gunung Marapi di media sosial, agar tidak menambah luka hati para keluarga korban, kita ini sedang berkabung menghadapi bencana,” tukasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3230 seconds (0.1#10.140)