Rel Ganda Tertimbun Longsor di Banyumas, 10 Perjalanan Kereta dari Yogyakarta Dialihkan

Senin, 04 Desember 2023 - 11:23 WIB
loading...
Rel Ganda Tertimbun Longsor di Banyumas, 10 Perjalanan Kereta dari Yogyakarta Dialihkan
Petugas KAI melakukan evakuasi di rel ganda tertimbun longsor di KM 340+100 antara Stasiun Karanggandul-Karangsari, Kabupaten Banyumas. Foto/Istimewa
A A A
YOGYAKARTA - Sejumlah kereta api tujuan dan keberangkatan dari stasiun Daop 6 Yogyakarta mengalami gangguan akibat rel ganda tertimbun longsor di KM 340+100 antara Stasiun Karanggandul-Karangsari, Kabupaten Banyumas, Senin (4/12/2023).

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro mengatakan akibat kejadian tersebut, sejumlah KA tujuan dan keberangkatan dari Yogyakarta terimbas. Longsoran akibat curah hujan itu memang membahayakan jalur kereta api jika dilaluinya.

”Kami mengambil sejumlah kebijakan berkaitan dengan bencana tersebut dan perjalanan kereta dari Yogyakarta terimbas,” kata Krisbiyantoro, Senin (4/12/2023).



Akibat kejadian tersebut, sejumlah KA tujuan dan keberangkatan stasiun Daop 6 ada yang dibatalkan sebagian rutenya di beberapa relasi dan dialihkan memutar lewat jalur utara melalui Gundih - Semarang - Tegal - Cirebon.

Rute lain untuk pengalihan memutar lewat Kroya - Banjar - Bandung - Cikampek. Hingga pukul 08.00 WIB Daop 6 mencatat terdapat 10 KA tujuan dan keberangkatan stasiun Daop 6 dialihkan memutar antara lain yaitu KA Kamandaka, Ranggajati, Argo Semeru.



Kemudian Fajar Utama Solo, Fajar Utama Yk, Bengawan, Gajahwong, Taksaka, Argo Lawu, dan Taksaka. Fajar Utama Yogya keberangkatan 07:00 WIB, lewat Kroya - Banjar - Bandung - Cikampek - Jakarta.

Argo Lawu keberangkatan Solo 08:30 WIB lewat Gundih - Semarang - Tegal - Cirebon - Jakarta. Untuk KA dari Jakarta dengan tujuan Klaten hingga Yogyakarta, Daop 6 Yogyakarta memberlakukan overstapen atau pengalihan moda transportasi.

Seperti bus atau alternatif KA arah Solo ke Klaten dan Yogyakarta. ”Para pelanggan tidak perlu khawatir dan diimbau untuk terus memperhatikan arahan petugas di stasiun. Sekali lagi Daop 6 Yogyakarta memohon maaf karena gangguan perjalanan KA akibat curah hujan,” tegasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1441 seconds (0.1#10.140)