Rel Ganda Tertimbun Longsor di Banyumas, Kereta Jarak Jauh Terimbas

Senin, 04 Desember 2023 - 08:33 WIB
loading...
Rel Ganda Tertimbun Longsor di Banyumas, Kereta Jarak Jauh Terimbas
Rel ganda di KM 340+100 antara Stasiun Karanggandul-Karangsari, Kabupaten Banyumas tertutup tanah longsor. Foto/iNews TV/Saladin Ayyubi
A A A
BANYUMAS - Curah hujan tinggi di KM 340+100 antara Stasiun Karanggandul-Karangsari, Kabupaten Banyumas pada Senin (4/12) dini hari mengakibatkan sebuah tebing setinggi 20 meter longsor. Kondisi ini menutup jalur rel ganda hingga perjalanan kereta api dibatalkan.

Manager Humas Daop 5 Purwokerto Feny Saragih mengatakan, peristiwa longsornya jalur ganda rel kereta api ini terjadi pukul 00.58 WIB, jalur hilir terdampak tebing longsor karena curah hujan tinggi. ”Masih dalam penanganan hingga kini,” kata Feny, Senin (4/12/2023).



Menurut dia, tim gabungan KAI Daop 5 Purwokerto langsung melakukan penanganan dan jalur hulu agar tetap dapat dilalui sehingga perjalanan kereta api dialihkan menjadi 1 jalur melalui hulu dan kereta api bisa tetap berjalan.



Meski demikian, longsor susulan kembali terjadi pukul 04.27 WIB. Sejumlah petugas lapangan yang berada dilokasi kejadian memeriksa kondisi ini. Terjadinya longsoran susulan ini menyebabkan dua jalur terdampak longsoran dan untuk sementara waktu belum dapat dilalui.

Demi keselamatan dan penanganan jalur hilir dan hulu yang terdampak maka perjalanan kereta dialihkan memutar. Hingga kini yang terdampak adalah ka bima (59) relasi Surabaya Gubeng - Gambir dengan kelambatan 19 menit.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2048 seconds (0.1#10.140)