Ngeri! Puluhan Pendaki Terjebak saat Gunung Marapi Meletus

Minggu, 03 Desember 2023 - 23:06 WIB
loading...
Ngeri! Puluhan Pendaki Terjebak saat Gunung Marapi Meletus
Para pendaki terekam berada di dekat kawah Gunung Marapi, saat terjadi letusan, Minggu (3/12/2023). Foto/Tangkapan Layar Akun X @syafniir
A A A
AGAM - Puluhan pendaki berada di kawasan puncak Gunung Marapi, saat terjadi letusan, Minggu (3/12/2023) pukul 14.54 WIB. Sebagian telah berhasil dievakuasi, dan sebagian lainnya masih dalam proses evakuasi.



Pemilik akun X @syafniir sempat mengunggah sejumlah video, tentang keberadaan para pendaki di Gunung Marapi saat terjadi letusan. Bahkan, ada dua video yang juga turut diunggah, memperlihatkan kondisi pendaki yang telah diselimuti abu vulkanik.



"Innalillahiwainnailaihiraziun.. Gunung Merapi Sumbar. Kemaren dikhabarkan Pendaki 50 orang dari Pekanbaru belum ada khabar... Semoga di karunia keselamatan oleh Allah SWT. Info: WAG IKM JABAR," tulis akun X @syafniir, dalam unggahan videonya.



Sementara, dari data BKSDA Sumbar ada sebanyak 75 pendaki Gunung Marapi, tengah mendaki di gunung yang terletak di Kabupaten Tanah Datar, dan Kabupaten Agam, Sumatra Barat tersebut. Para pendaki itu, terkena dampak letusan Gunung Marapi.

Dari sebanyak 75 pendaki yang terdata melakukan pendakian di Gunung Marapi, 40 pendaki sudah berhasil mengevakuasi diri, dan turun dengan kondisi selamat. "Sampai saat ini sudah ada 40 pendaki dievakuasi, tinggal 35 pendaki yang berada di atas," kata Pelaksana harian (Plh) Kepala BKSDA Sumbar, Dian Indriati, Minggu (3/12/2023).



Saat ini dia mengaku, bersama para pemangku kebijakan masih berupaya melakukan evakuasi terhadap puluhan pendaki yang masih berada di Gunung Marapi. "Kami bersama masyarakat Nagari Batu Palano, dan Koto Baru sedang berupaya mengevakuasi serta menghubungi para pendaki," terang Dian.

Dian juga mengatakan, Gunung Marapi saat ini berada pada Status Level II atau Waspada. Masyarakat di sekitar Gunung Marapi, dan pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan mendaki Gunung Marapi pada radius 3 km dari kawah atau puncak. "Pendakian Gunung Marapi kami tutup, dan semua sedang berusaha untuk menghubungi para pendaki," terangnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2333 seconds (0.1#10.140)