Dukung Industri Batik Sumbar, Sun Summit Kepakkan Sayap di Ranah Minang

Jum'at, 01 Desember 2023 - 14:27 WIB
loading...
Dukung Industri Batik Sumbar, Sun Summit Kepakkan Sayap di Ranah Minang
Sun Summit menggelar acara Tigo Tungku Sajarangan di Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Foto/Istimewa
A A A
TANAH DATAR - Dalam rangka mendukung industri Batik , Sun Summit menggelar acara Fashion Show bertemakan Tigo Tungku Sajarangan di Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Kegiatan ini untuk melestarikan batik khas Minangkabau.

Bupati Tanah Datar Eka Putra mendukung kegiatan Sun Summit dalam pelestarian seni budaya dan perkembangan pariwisata khususnya ciri khas Minang untuk terus dikembangkan dan dilestarikan dan menggema di Indonesia.

“Terus berkarya dan menginspirasi, tentunya kami berharap kiprah ini menginspirasi anak-anak muda Sumbar. Kita menghargai perantau yang mengembang bisnis tetapi tidak lupa kampung halaman,” kata Eka, Jumat (1/12/2023).



Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumatera Barat, Harneli Mahyeldi mengapresiasi Sun Summit yang ingin berkontribusi untuk daerah Minang tersebut.

“Kita mengapresiasi Sun Summit terus membangun kampung halaman, khususnya Kabupaten Tanah Datar. Kita doakan hasil karya Sun Summit mendunia, bukan hanya dikenal nasional tetapi juga internasional,” kata wanita yang kerap dipanggil Umi Harneli ini.

Pemilik Sun Summit, Riza Rozana menyebutkan kegiatan ini menampilkan karya bertemakan etnik dengan twist modern yang kemudian dipadu dengan ciri khas batik Minangkabau dengan menampilkan produk Rizaro dan Batik Onang.



“Tema Tigo Tungku Sajarangan ini bermakna bahwa pakaian Sun Summit sebagai merepresentasikan adat berupa batik, agama berupa baju muslimah yang modest wear, dan merepresentasikan ilmu dengan melakukan edukasi pelatihan membatik,” katanya.

Selain itu, ia mengatakan kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk mendukung industri batik Sumatera Barat. Sebab, ia ingin berkontribusi di tanah kelahirannya. “Kami mempersembahkan karya terbaik dalam mendukung industri batik Sumatera Barat. Saya lahir di sini, merantau, dan kembali ingin berkontribusi untuk kemajuan kampung,” ungkapnya.

Sun Summit berfokus pada modest wear dan membuka cabang butik di Batusangkar, Sumatera Barat. Riza Rozana merupakan fashion designer asal Batusangkar yang karyanya sudah dikenal di JABODETABEK, Indonesia bagian Timur, mancanegara, hingga Benua Eropa.

Pada tahun 2016, Sun Summit turut serta dan memperkenalkan Batik Tanah Liek untuk pertama kalinya di Amsterdam dalam acara “Indonesia Cultural fashion”, yang dihadiri oleh pengamat fashion dari berbagai negara.

Sun Summit sendiri diketahui merupakan brand fashion muslim yang berdiri sejak 2009 di Jakarta dan berkomitmen dengan pelestarian budaya. Sun Summit tampil dengan ciri khasnya yang selalu menyertakan Etnik Indonesia dalam setiap karyanya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2014 seconds (0.1#10.140)