Jalur Ganda Kereta Api Mojokerto - Sepanjang Beroperasi Hari Ini

Jum'at, 01 Desember 2023 - 13:15 WIB
loading...
Jalur Ganda Kereta Api Mojokerto - Sepanjang Beroperasi Hari Ini
Mulai 1 Desember 2023 jalur ganda kereta api antara Stasiun Mojokerto - Stasiun Sepanjang telah dioperasikan. Foto/MPI/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Terhitung mulai 1 Desember 2023 jalur ganda kereta api antara Stasiun Mojokerto - Stasiun Sepanjang telah dioperasikan. Pengoperasian ini untuk memangkas waktu perjalanan kereta api.

Pengoperasian jalur kereta api (KA) sepanjang 33 kilometer (km) tersebut dilakukan setelah proses peralihan (switch over) dari jalur tunggal ke jalur ganda yang dilakukan pada Kamis (30/11/2023) malam hingga Jumat (1/12/2023) berlangsung lancar.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan, pengoperasian jalur ganda KA pada lintas ini bertujuan untuk memangkas waktu tempuh perjalanan KA, meningkatkan frekuensi KA, dan menghindari persilangan kereta api yang melewati jalur tersebut.



“Pengoperasian jalur ganda lintas Sepanjang - Mojokerto ini diharapkan dapat membawa banyak manfaat langsung bagi penumpang. Terutama dalam hal peningkatan efisiensi waktu tempuh dan peningkatan frekuensi perjalanan KA kedepannya,” kata Luqman, Jumat (1/12/2023).



Luqman juga menyampaikan permohonan maaf karena saat ini beberapa KA yang akan melewati lintas Sepanjang - Mojokerto tersebut masih akan diperlambat kecepatannya menjadi maksimal hanya 60 km/jam dari 110 km/jam pada Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2023.

Pembatasan kecepatan ini dilakukan pengawasan bersama antara KAI Daop 8 Surabaya dan Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Surabaya. Namun tidak menutup kemungkinan, apabila pemeriksaan petugas dinilai stabil maka dapat dilalui KA dengan kecepatan sesuai Gapeka 2023.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1274 seconds (0.1#10.140)