Latihan Tempur TNI AU dengan RSAF Ditutup, KSAU: Kini Sudah Bisa Isi Bahan Bakar di Udara

Jum'at, 01 Desember 2023 - 08:09 WIB
loading...
Latihan Tempur TNI AU dengan RSAF Ditutup, KSAU: Kini Sudah Bisa Isi Bahan Bakar di Udara
KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo usai menutup latihan bersama RSAF di Pangkalan Udara Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau, Kamis (30/11/2023). Foto/MPI/Banda Haruddin Tanjung
A A A
PEKANBARU - TNI AU melakukan latihan tempur bersama Angkatan Udara Singapura atau RSAF di Provinsi Riau. Untuk latihan tempur tahun ini pesawat sudah bisa mengisi bahan bakar di udara kemudian melanjutkan latihan.

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengungkapkan hal itu saat akan melakukan penutupan latihan bersama di Pangkalan Udara Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru Riau Kamis (30/11/2023).



Dikatakan KSAU bahwa kegiatan latihan bersama ini melibatkan jenis pesawat tempur yang sama dari dua negara, yakni pesawat tempur F-16. Latihan ini diberi nama Latma Elang Indopura.

"Tahun ini ada keistimewaan yaitu kita melaksanakan pengisian bahan bakar di udara dengan menggunakan pesawat tanker dari Singapura," ucap jendral bintang empat ini.



Untuk melakukan latihan seperti itu, memang dibutuhkan keahlian dan tentunya juga saling percaya antara dua negera.

"Kegiatan penerbangan dengan pengisian bahan bakar di udara ini khususnya antar negara membutuhkan saling kepercayaan," imbuhnya.



Latihan tempur di udara dilakukan di udara Riau. Khusus untuk latihan penembakan dari udara difokuskan di daerah Siabu Kabupaten Kampar.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6672 seconds (0.1#10.140)