5 Fakta Telaga Sarangan, Nomor 4 Jarang yang Tahu

Kamis, 30 November 2023 - 16:50 WIB
loading...
5 Fakta Telaga Sarangan, Nomor 4 Jarang yang Tahu
Telaga Sarangan berada di lereng kaki Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Telaga Sarangan menjadi salah satu tempat wisata alam yang populer di Kabupaten Magetan , Jawa Timur. Bagi siapa saja yang mengunjunginya, pasti bakal terkesima melihat alam yang tampak asri di sana.

Telaga yang satu ini berada di lereng kaki Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Telaga Sarangan lebih dikenal masyarakat setempat sebagai Telaga Pasir.

Saat ini sudah banyak fasilitas wisata yang bisa memanjakan pengunjung di sekitar Telaga Sarangan. Mulai dari hotel, rumah makan, hingga taman bermain.

Berikut sejumlah fakta menarik tentang tempat wisata Telaga Sarangan.

5 Fakta Telaga Sarangan


1. Nama Asli Telaga Sarangan


Sebelum dikenal dengan nama Telaga Sarangan, masyarakat di sana lebih mengenalnya dengan nama Telaga Pasir. Bukan tanpa sebab, adanya nama tersebut tentu berkaitan dengan mitos kepercayaan masyarakat setempat.



Namun, nama Telaga Pasir pun diubah oleh petinggi dan tokoh masyarakat setempat dengan nama desa atau kelurahan yang ada di sana, yaitu Sarangan. Sejak saat itu, telaga tersebut menjadi Telaga Sarangan yang merujuk kepada desa setempat.

2. Mitos Telaga Sarangan


Menurut mitos kepercayaan masyarakat Sarangan, konon hidup pasangan suami istri yang belum dikaruniai anak. Mereka dikenal sebagai Kyai dan Nyai Pasir yang hidup sederhana.

Setelah berusaha untuk bertapa, keduanya pun akhirnya dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Lelung. Namun kisah hidup mereka berubah sejak Lelung bersama temannya pergi berburu di hutan dan menemukan naga betina yang terluka.

Lelung pun merawatnya naga putri yang sudah menjadi manusia di dalam rumahnya. Secara tidak sadar, keduanya pun timbul benih cinta, tetapi mereka tidak disetujui oleh orang tuanya masing-masing.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1519 seconds (0.1#10.140)