PPSDM Geominerba bersama Itjen KESDM Gelar Sosialisasi Tata Kelola Bebas Korupsi Kolusi dan Nepotisme di BPSDM ESDM

Kamis, 30 November 2023 - 16:00 WIB
loading...
PPSDM Geominerba bersama Itjen KESDM Gelar Sosialisasi Tata Kelola Bebas Korupsi Kolusi dan Nepotisme di BPSDM ESDM
Dalam upaya mewujudkan tata kelola bebas Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN), PPSDM Geominerba gelar sosialisasi Pegawai BPSDM ESDM bersama Itjen KESDM. (Foto: dok PPSDM)
A A A
BANDUNG - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) melalui Inspektorat Jenderal KESDM melakukan Sosialisasi dan Internalisasi Pengendalian Gratifikasi, Whistle Blowing System, dan Benturan Kepentingan yang ditujukan kepada para pegawai Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral, dan Batubara (PPSDM Geominerba) dan Politeknik Energi dan Pertambangan Bandung (PEP Bandung) di Aula Serbaguna PPSDM Geominerba pada Jumat (24/11/2023).

Sebagai salah satu upaya untuk membentuk instansi bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme, PPSDM Geominerba menerima sosialisasi yang dilakukan oleh Inspektorat Jenderal KESDM. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala PPSDM Geominerba yang diwakili oleh Revi Timora Salajar selaku Koordinator Program dan Evaluasi.

Dalam kegiatan tersebut, Revi menyampaikan sambutan kepada para pegawai di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi, Mineral, dan Batubara Energi dan Sumber Daya Mineral (BPSDM ESDM).

Ia juga menyebutkan bahwa instansi negara memiliki peran penting untuk mewujudkan perjuangan bangsa karena merupakan pusat dari kekuasaan, wewenang, serta tanggung jawab. “Penyelenggara Negara mempunyai peran penting dalam mewujudkan cita-cita perjuangan bangsa. Hal ini dinyatakan secara tegas dalam Penjelasan Undang-Undang Dasar 1945, yang menyatakan bahwa yang sangat penting dalam pemerintahan dan dalam hidupnya negara ialah semangat para penyelenggara negara dan pimpinan pemerintah,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa penyelenggaraan negara tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya apabila penyelenggara negara tidak dapat menjalankan tugas dan fungsinya secara optimal, hal ini terjadi karena adanya pemusatan kekuasaan, wewenang dan tanggung jawab sehingga berdampak negatif, yang salah satunya yaitu terjadi praktek penyelenggaraan negara yang lebih menguntungkan kelompok tertentu dan memberikan peluang terhadap tumbuhnya korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Oleh sebab itu, PPSDM Geominerba sebagai penyelenggara negara dalam praktek penyelengaraan negara yaitu Aparatur Sipil Negara (ASN) mematuhi azas umum penyelenggaraan negara dalam melaksanakan tugas dan fungsi salah satunya dengan menggelar kegiatan tersebut.

Ia juga menambahkan bahwa menuju tata kelola yang baik dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme diperlukan juga adanya komitmen pimpinan dan awareness dari kita sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) terhadap lingkungan kerja dari adanya gratifikasi dan benturan kepentingan.

Dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut, harapannya dapat tercipta kepatuhan terhadap tata kelola ke arah yang lebih baik, membentuk pola prilaku dan kepribadian dan menumbuhkan prinsip atau nilai yang selalu tertanam dalam diri serta dapat diaktualisasikan dalam melaksanakan tugas dan fungsi, atau bahkan sebagai identitas dan ciri khas bagi ASN di lingkungan BPSDM ESDM yang mempunyai karakter integritas dan profesional.
(dsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1069 seconds (0.1#10.140)