Kebakaran Hebat Melanda Lahan Hutan Perhutani di Ponorogo

loading...
Kebakaran Hebat Melanda Lahan Hutan Perhutani di Ponorogo
Lahan hutan milik Perhutani di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, terbakar hebat, Jumat (7/8/2020). Foto/SINDOnews/Ahmad Subekhi
PONOROGO - Kebakaran hebat melanda kawasan hutan Perhutani di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Jumat (7/8/2020) siang. Lokasi lahan yang terjal menyulitkan proses pemadaman.

(Baca juga: Ngebut di Tol Cipularang, Fortuner Tabrak Gadril Satu Tewas)

Menggunakan peralatan seadanya, petugas Perhutani dan anggota TNI berusaha memadamkan kobaran api yang cepat membesar akibat tiupan angin kencang dan banyaknya daun serta ranting kering.

Selain melanda lahan hutan milik Perhutani, kobaran api juga merembet ke lahan hutan rakyat yang ada di Desa Kunti, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo. Kepulan asap kebakaran terlihat jelas di sisi barat perbukitan.



Titik kebakaran hebat terjadi di petak 108-G RPH Pagerukir. Luasan lahan yang terbakar mencapai sekitar tiga hektar yang ditumbuhi pohon jati berusia 12 tahun. Sementara luasan hutan rakyat yang terbakar mencapai sekitar lima hektar.

KRPH Pagerukir, Suyitno menyebutkan, api yang melahap lahan hutan Perhutani tersebut, merupakan rembetan dari hutan rakyat. Ada dugaan kebakaran ini sengaja dilakukan warga untuk membersihkan lahan, agar mudah digarap saat musim penghujan tiba.

(Baca juga: Nganggur Akibat Pandemi COVID-19, Janda Muda Nekat Curi Ponsel)



Lokasi kebakaran yang mudah dijangkau sudah mampu dipadamkan. Sedangkan di lokasi yang terjal, kobaran api masih besar. Petugas gabungan berupaya membuat ilaran untuk menyekat api agar tidak menyebar lebih luas lagi.
(eyt)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top