Ini Isi Deklarasi Damai Pendukung Israel dan Palestina di Bitung

Selasa, 28 November 2023 - 20:16 WIB
loading...
Ini Isi Deklarasi Damai Pendukung Israel dan Palestina di Bitung
Ormas Adat Minahasa dan Organisasi Keagamaan Muslim di Kota Bitung sepakat menggelar deklarasi damai. Foto/MPI/Subhan Sabu
A A A
BITUNG - Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Adat Minahasa dan Organisasi Keagamaan Muslim di Kota Bitung sepakat menggelar deklarasi damai usai bentrok pada Sabtu 25 November 2023. Deklarasi damai ini membuat Bitung menjadi aman dan damai.

Deklarasi damai berlangsung di Riverside Resto n Cafe, Girian, Kota Bitung itu dihadiri Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) dan Danrem 131/Santiago, Danlantamal VIII Manado, Forkopimda Bitung, tokoh masyarakat dan tokoh adat.



Rangkaian kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Dilanjutkan pembacaan naskah deklarasi damai oleh Ketua Organisasi Kemasyarakatan Adat Minahasa dan Ketua Organisasi Keagamaan Muslim di Kota Bitung dan diikuti oleh seluruh yang hadir.

Kemudian, penandatanganan bersama deklarasi damai oleh ketua dan perwakilan Organisasi Kemasyarakatan Adat Minahasa, ketua dan perwakilan Organisasi Keagamaan Muslim di Kota Bitung, Kapolda Sulut, Wali Kota Bitung serta para pejabat lainnya.

Adapun isi deklarasi damai Organisasi Kemasyarakatan Adat Minahasa dan Organisasi Keagamaan Muslim di Kota Bitung, yaitu:

1. Sepakat mengakhiri setiap konflik yang terjadi secara damai
2. Mendukung penegakkan hukum terhadap pelaku yang terlibat, secara transparan, dan berkeadilan
3. Menolak segala bentuk provokasi, pergerakan massa dari luar Kota Bitung, maupun pemberitaan melalui media sosial yang sifatnya hoaks yang berkaitan dengan permasalahan di Kota Bitung
4. Bersama menjaga keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat Kota Bitung

Di penghujung kegiatan, dilakukan doa bersama lintas agama. Berturut-turut dipimpin oleh Pemuka Agama Islam, Kristen, Hindu, dan Konghucu. Kemudian ditutup dengan sesi foto bersama.



Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto mengatakan, tujuan deklarasi damai ini adalah untuk menghasilkan sebuah komitmen bersama-sama seluruh masyarakat yang ada di Kota Bitung untuk sepakat dengan beberapa hal yang sudah disampaikan atau dideklarasikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3071 seconds (0.1#10.140)