Sidang Penistaan Agama, JPU Tolak Eksepsi Kuasa Hukum Panji Gumilang

Senin, 27 November 2023 - 12:15 WIB
loading...
Sidang Penistaan Agama, JPU Tolak Eksepsi Kuasa Hukum Panji Gumilang
Pimpinan Ponpes Al Zaytun Panji Gumilang menjalani sidang lanjutan kasus penistaan agama di Pengadilan Negeri Indramayu. Foto/MPI/Andrian Supendi
A A A
INDRAMAYU - Sidang lanjutan perkara kasus penistaan agama yang menjerat Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun Panji Gumilang di Pengadilan Negeri (PN) Indramayu, Senin (27/11/2023).

Sidang yang digelar sekitar pukul 09.15 WIB itu dengan agenda pembacaan pendapat dari Jaksa Penuntut Umum (JPU), terkait dengan eksepsi yang diajukan kuasa hukum Panji Gumilang.

Dalam sidang, JPU menolak eksepsi yang diajukan oleh kuasa hukum Panji Gumilang.



JPU menilai, eksepsi tersebut hanya pembelaan dari pihak kuasa hukum. Nantinya dalam sidang lanjutan, JPU akan membuktikan atas tuntutan yang didakwakan terhadap terdakwa dengan menghadirkan sejumlah saksi.

Menanggapi penolakan eksepsi dari JPU, Kuasa Hukum Panji Gumilang, Heru Iskandar mengatakan, penolakan tersebut wajar disampaikan, karena JPU mempunyai pendapat sendiri. ”Penolakan itu wajar, itu kan pendapat dari sisi sana (JPU),” kata Heru.



Rencananya, kuasa hukum dari Panji Gumilang juga akan menghadirkan sejumlah saksi dalam sidang lanjutan nanti. Diakhir persidangan, kuasa hukum Panji Gumilang meminta penundaan sidang yang seharusnya digelar pada hari Rabu, 29 November 2023.



Dengan agenda putusan atas keberatan dari kuasa hukum Panji Gumilang. Alasan penundaan sidang tersebut, dikarenakan terdakwa Panji Gumilang harus memeriksakan tangannya yang patah di Rumah Sakit Borromeus, Kota Bandung.

”Jadi tangannya pernah kecelakaan, operasi dan tindakan belum beres-beres, maka harus diperiksa. Yang tahu riwayatnya RS Borromeus, kalau ke tempat baru ya susah lagi. Kita mengajukan pengobatan, karena sudah lama tidak diperiksa,” ungkapnya.

Diketahui, sidang perkara kasus penistaan agama yang menjerat Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang, akan kembali digelar pada hari Rabu, 6 Desember 2023 mendatang, dengan agenda putusan atas keberatan kuasa hukum terdakwa.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1990 seconds (0.1#10.140)