Tambah Dua Rute Domestik, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Kian Terkoneksi

Minggu, 26 November 2023 - 11:00 WIB
loading...
Tambah Dua Rute Domestik, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Kian Terkoneksi
Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai kembali tambah dua rute domestik menuju Banjarmasin, Kalimantan dan Sorong, Papua. (Foto: dok AP1)
A A A
BALI - Komitmen untuk menghadirkan beragam pilihan rute bagi pengguna jasa terus diupayakan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Terbaru, pengelola bandara kembali mendapatkan tambahan dua rute domestik yang membuka konektivitas ke Pulau Kalimantan dan Papua.

Rute tersebut masing-masing yakni tujuan Sorong, Papua yang dilayani oleh maskapai Garuda Indonesia serta Banjarmasin, Kalimantan dengan Lion Air sebagai operator pengangkutnya dan beroperasi perdana pada Jumat (24/11/2023). Hingga akhir tahun, diperkirakan masih akan ada rute baru tambahan lainnya.

General Manager Bandara Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan menjelaskan bahwa rute yang dilayani oleh Garuda merupakan rute baru. Sementara untuk rute Banjarmasin oleh Lion Air adalah re-aktiviasi dari rute yang telah ada sebelum masa pandemi.

“Kami bersyukur karena mitra strategis kami yakni maskapai perlahan mulai pulih pasca pandemi yang ditandai dengan pembukaan rute baru dan dibukanya kembali rute yang sempat berhenti karena dampak pandemi. Dengan hadirnya rute Banjarmasin dan Sorong, Bali semakin terkoneksi dengan daerah-daerah lain di Indonesia. Harapannya adalah memudahkan pengguna jasa yang akan bepergian menuju Bali maupun sebaliknya. Untuk domestik, rencananya di Desember juga akan ada penerbangan Air Asia menuju Kupang,” ujar Handy.

Tambah Dua Rute Domestik, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Kian Terkoneksi

(Foto: dok AP1)

Dari catatan pihaknya, saat ini Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai melayani dua destinasi penerbangan langsung dari dan ke Pulau Kalimantan yaitu Banjarmasin dan Balikpapan. Sedangkan Sorong, menjadi satu-satunya rute penerbangan langsung menuju Papua.

Handy juga menjelaskan dengan dibukanya rute menuju Sorong tersebut diharapkan dapat memberikan kenyamanan dari segi waktu tempuh yang relatif lebih singkat.

Penerbangan pertama rute Denpasar-Sorong dengan nomor penerbangan GA868 menggunakan pesawat Boeing 737-800NG berkapasitas 162 seat, dilakukan pada Jumat (24/11) pukul 02.15 WITA. Pada penerbangan tersebut terdapat sejumlah 109 penumpang atau terpenuhi sebanyak 67 persen load factor.

Sementara untuk pendaratan perdana rute sebaliknya Sorong-Denpasar berlangsung pada pukul 08.00 WITA dengan nomor penerbangan GA621 (transit via Makassar) mengangkut 157 penumpang. Garuda Indonesia akan mengoperasikan rute tersebut dengan frekuensi tiga kali seminggu pada Hari Kamis, Jumat, dan Minggu.

Sementara itu, pendaratan perdana Lion Air rute Banjarmasin-Denpasar dengan nomor penerbangan JT845 tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada pukul 12.00 WITA membawa 189 orang penumpang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1081 seconds (0.1#10.140)