Tragis! Napi Narkoba Tewas Tergantung di Toilet Lapas Rajabasa

Rabu, 22 November 2023 - 17:00 WIB
loading...
Tragis! Napi Narkoba Tewas Tergantung di Toilet Lapas Rajabasa
Seorang warga binaan di Lapas Rajabasa ditemukan tewas tergantung di kamar mandi blok kamar narapidana. Foto/Istimewa
A A A
BANDARLAMPUNG - Seorang warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Bandarlampung alias Lapas Rajabasa ditemukan tewas tergantung di kamar mandi blok kamar narapidana (napi), Selasa (21/11) pukul 16.00 WIB.

Napi atas nama Usman (27) tersebut merupakan warga binaan kasus narkotika dengan vonis pidana hukuman 15 tahun penjara. Dia merupakan warga asal Desa Buak Buter, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

“Benar warga binaan kita, almarhum gantung diri di toilet kamar 10 blok A3. Dia napi vonis pidana 15 tahun dengan sisi pidana 10 tahun 10 bulan 6 hari,” kata Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Lapas Rajabasa Febriansyah, Rabu (22/11/2023).



Usman mengakhiri hidup dengan cara gantung diri di toilet kamar blok dengan menggunakan sobekan kain sarung yang dikaitkan pada ventilasi toilet. ”Kain sarung biasa digunakan mereka untuk salat itu, sengaja disobek olehnya. Jadi memang itu pakaian mereka,” ungkapnya.

Berdasarkan hasil penyelidikan petugas lapas setempat, kata Febriansyah, peristiwa bunuh diri itu terjadi saat memasuki waktu sholat Ashar. Korban Usman pertama kali ditemukan oleh warga binaan lainnya yang hendak menggunakan kamar mandi tersebut.



Selanjutnya karena napi Usman masih memiliki denyut nadi, akhirnya langsung dibawa petugas dan rekan-rekan sesama napi lainnya ke klinik lapas setempat dan diberikan pertolongan oksigen dan restenosis jantung.

Dari klinik yang bersangkutan dibawa ke RS Bhayangkara, setibanya di rumah sakit tersebut, dari petugas rumah sakit dikatakan Usman meninggal dunia di dalam perjalanan. Pihaknya berkoordinasi dengan keluarga Usman di Jawa Timur, untuk proses pemulangan.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1594 seconds (0.1#10.140)