Profil dan Biografi Sultan Baabullah, Penguasa Ternate yang Berhasil Mengusir Portugis

Selasa, 21 November 2023 - 12:59 WIB
loading...
Profil dan Biografi Sultan Baabullah, Penguasa Ternate yang Berhasil Mengusir Portugis
Sultan Baabullah merupakan sultan Ternate ke-7 dan penguasa ke-24 dalam Kesultanan Ternate di Maluku Utara yang berhasil mengusir penjajah Portugis. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Profil dan Biografi Sultan Baabullah menarik diulas. Sultan Baabullah merupakan sultan Ternate ke-7 dan penguasa ke-24 dalam Kesultanan Ternate di Maluku Utara. Dalam riwayatnya, ia memerintah pada periode 1570 hingga 1583.

Saat memimpin Kerajaan Ternate, Sultan Baabullah dianggap berjasa dalam sejarah Ternate dan Maluku. Sebab, dirinya berhasil mengusir penjajah Portugis dari Ternate.

Atas jasanya, nama beliau masih dikenang hingga sekarang. Untuk lebih mengenalnya, simak profil dan biografinya dalam ulasan berikut ini.

Profil dan Biografi Sultan Baabullah


Sultan Baabullah lahir pada 10 Februari 1528 dengan nama asli Kaicili Baru. Ia adalah putra sulung dari Sultan Khairun Jamil, penguasa Ternate yang berkuasa dari tahun 1535 hingga 1570, dan Boki Tanjung, putri dari Sultan Bacan.



Sejak kecil, ia menemani ayahnya ke mana pun, termasuk ketika sang sultan diasingkan untuk sementara ke Goa pada tahun 1545 hingga 1546. Ia mendapatkan pendidikan agama dan militer dari ayahnya dan para guru Muslim yang diundang ke Ternate.

Pada tahun 1570, Sultan Khairun Jamil dibunuh oleh Gubernur Portugis João de Mesquita. Kaicili (pangeran) Baab kemudian menggantikan ayahnya sebagai Sultan Ternate dengan gelar Sultan Baabullah Datu Syah. Ia bersumpah untuk membalas dendam atas kematian ayahnya dan mengusir Portugis dari Ternate.

Sultan Baabullah memimpin perlawanan melawan Portugis dengan bantuan dari Kesultanan Tidore, Kesultanan Jailolo, Kesultanan Bacan, dan Kesultanan Gapi. Ia juga mendapatkan dukungan dari Kesultanan Aceh, Kesultanan Demak, Kesultanan Banten, dan Kesultanan Mataram.

Ia berhasil merebut benteng Portugis di Ternate pada tahun 1575 dan mengusir mereka ke Pulau Tidore. Tidak sampai di situ, Sultan Baabullah terus mengejar Portugis di Tidore dan menyerang benteng mereka di sana.

Sultan Baabullah juga mengirim pasukan ke Pulau Ambon, Pulau Seram, Pulau Buru, dan Pulau Banda untuk menghentikan perdagangan cengkeh oleh Portugis. Ia berhasil menguasai sebagian besar Kepulauan Maluku dan menjadikan Ternate sebagai pusat perdagangan cengkeh di Asia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1278 seconds (0.1#10.140)