alexametrics

Gajah Mengamuk di Permukiman Warga, Perempuan Tewas Diinjak

loading...
Gajah Mengamuk di Permukiman Warga, Perempuan Tewas Diinjak
Seekor gajah mengamuk di permukiman Dusun Sialang Rimbun, Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Riau. Foto/Ist
A+ A-
PEKANBARU - Seekor gajah sumatera mengamuk di permukiman warga Jalan Padat Karya, Dusun Sialang Rimbun, Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Riau. Akibat amukan gajar tersebut, seorang perempuan tewas mengenaskan.

Korban bernama Tukiyah (50) merenggang nyawa akibat diinjak gajah saat berada di kebun karet miliknya yang berada dekat rumahnya di Desa Muara. "Korban tewas akibat diinjak gajah," kata Kapolres Bengkalis, AKBP Abas Basuni, Minggu (12/11/2017).

Seorang tetangga korban, Amir mengatakan, kejadian terjadi pada Sabtu 11 November 2017, saat dia sedang menyadap karet di kebunnya. Dia terkejut kala melihat seekor gajah dewasa mendekatinya dan Amir lari menyelamatkan diri, namun hewan berbelalai itu terus mengejarnya.



Amir berlari ke kebun karet milik Tukiyah. Saat itu Tukiyah juga sedang menyadap pohon karet. Amir berteriak agar Tuiyah kabur karena ada gajah mengamuk. Tiba tiba gajah tersebut berbalik arah mengejar korban. Melihat hal itu, Tukiyah berusaha menyelamatkan diri.

"Namun korban tidak bisa menyelamatkan diri, korban tewas akibat tubuhnya terinjak," imbuhnya.

Konflik antara gajah dan manusia sudah sering terjadi di Kecamatan Pinggir, Bengkalis. Hal ini karena hutan yang selama ini menjadi habitat gajah sudah dibabat dan beralih fungsi jadi perkebunan sawit.

Sampai saat ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tidak bisa mencari solusi untuk meredam konflik manusia dengan gajah. Selama ini gajah di Pinggir banyak bertahan hidup di Suaka Margasatwa Balai Raja, Bengkalis yang sudah porak poranda. Dari luasan 28 ribu hektar yang diperuntukan untuk habitat gajah, kini hutan lindung Balai Raja tersisa hanya 20 hektar.
(pur)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak