Banjir Terjang Natuna, 20 Rumah Terendam dan 17 Jiwa Mengungsi

Senin, 20 November 2023 - 15:22 WIB
loading...
Banjir Terjang Natuna, 20 Rumah Terendam dan 17 Jiwa Mengungsi
Pusdalops BNPB melaporkan sebanyak 17 jiwa mengungsi dan 20 KK terdampak banjir di Kabupaten Natuna, pada Minggu (19/11/2023). Foto/Ist
A A A
NATUNA - Pusdalops Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan sebanyak 17 jiwa mengungsi dan 20 Kepala Keluarga (KK) terdampak banjir di Kabupaten Natuna , Provinsi Kepulauan Riau pada Minggu (19/11/2023).

Sementara itu, kerugian materil sebanyak 20 unit rumah terendam dan 1 unit motor terseret sungai akibat kejadian banjir yang dipicu hujan deras pukul 08.00 WIB.

"Wilayah terdampak meliputi desa Batu Hitam, Desa Bandarsyah, Desa Ranai Kota, Desa Sebadai Ulu di Kecamatan Bunguran Timur," ungkap Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangan resminya, Senin (20/11/2023).

Sementara itu informasi dari Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Natuna Raja Darmika melalui sambungan telepon, Senin (20/11/2023) mengatakan, Upaya penanganan banjir BPBD Kabupaten Natuna melakukan pendataan dan berkoordinasi dengan pihak terkait. Serta melakukan pengumpulan data informasi, memberikan pertolongan, evakuasi dan bantuan logistik.



“Bencana banjir setinggi 100 cm yang terjadi merupakan becana banjir genangan yang rutin terjadi. Ini disebabkan oleh intensitas hujan meningkat, ditambah kurang baiknya drainase perkotaan serta adanya fungsi lahan sebagai daerah resapan telah berganti," ujar Raja.

Raja mengatakan oleh sebab itu perlu upaya serius untuk melakukan kegiatan pencegahan dan mitigas bencana banjir kota Ranai. "Bagi masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai harus lebih waspada. Walaupun kondisi banjir berangsur surut, namun hujan masih terjadi," katanya.

Berdasarkan info dari laman website Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kondisi cuaca di Kabupaten Natuna pada Selasa (21/11/2023) berawan di siang hari dan hujan lebat saat malam sedangkan pada Rabu (22/11/2023) kondisi cuaca hujan ringan hingga sedang.

BNPB mengimbau kepada masyarakat dan pemerintah daerah agar meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap potensi banjir susulan.

"Pastikan pemeliharaan drainase primer, sekunder dan tersier dilakukan agar infrastruktur keairan yang ada bisa berfungsi optimal saat menampung dan mengalirkan debit air saat curah hujan tinggi," imbaunya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3921 seconds (0.1#10.140)