Museum Singhasari Malang, Koleksi Arca Mahesa Suramadu dan Durga hingga Keris untuk Pesugihan

Senin, 20 November 2023 - 11:20 WIB
loading...
Museum Singhasari Malang, Koleksi Arca Mahesa Suramadu dan Durga hingga Keris untuk Pesugihan
Museum Singhasari Malang dengan koleksi benda-benda bersejarah dari Kerajaan Mataram kuno hingga Majapahit. Foto/MPI/Avirista Midaada
A A A
MALANG - Museum Singhasari Malang menjadi salah satu lokasi yang menyimpan beragam benda kuno masa Kerajaan Mataram kuno hingga Majapahit. Benda-benda ini terdiri dari beraneka ragam yang memiliki nilai historis dan arkeologis cukup tinggi.

Museum Singhasari Malang, Koleksi Arca Mahesa Suramadu dan Durga hingga Keris untuk Pesugihan


Museum ini baru berdiri pada 2015 seiring munculnya temuan-temuan benda bersejarah di wilayah Kabupaten Malang.



Berlokasi di Perumahan Singhasari Residence Klampok, Desa Klampok, Kecamatan Singasari, Kabupaten Malang, lokasinya berada cukup strategis di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Singhasari, yang menjadi salah satu pusat perekonomian prioritas.

Memasuki area museum dua replika arca Prajnaparamita merupakan perwujudan dari Ken Dedes dan arca Hari Hara perwujudan Ken Arok, yang ada di halaman museum. Museum ini memiliki empat ruang pamer benda-benda koleksi bersejarah arkeologis.

Di ruang pertama dan kedua koleksi replika benda-benda bersejarah. Di ruang tiga dan empat, beberapa benda bersejarah mulai topeng wayang khas Malang, hingga keris milik Gubernur Jawa Timur kedelapan Soenandar Prijosoedarmo.

Replika suasana Kerajaan Singasari dan segala dinamikanya juga menjadi suguhan yang bisa dipelajari di sini. Para pengunjung dapat mendengarkan cerita dari pemandu museum yang menjelaskan mengenai dinamika kehidupan kerajaan saat itu.



Tak hanya itu sebuah Arca Mahesa Suramadu dan Durga yang ditemukan di Situs Watugede, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Keris-keris dan tombak-tombak kuno juga terdapat di ruang pameran empat dari museum.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3521 seconds (0.1#10.140)