Bunga Bangkai Tumbuh di Pekarangan Rumah Warga

Rabu, 08 November 2017 - 15:57 WIB
Bunga Bangkai Tumbuh di Pekarangan Rumah Warga
Bunga Bangkai Tumbuh di Pekarangan Rumah Warga
A A A
PURWAKARTA - Bunga bangkai tumbuh dan mekar tumbuh di halaman rumah Iwan, warga Kampung Sukamulya, RT 1/06 Desa Ciseureh, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Rabu (8/11/2017). Sontak saja kehadiran bunga langka yang memiliki nama latin Amorphophallus titanium ini menarik perhatian warga sekitar.

Bunga ini dalam kurun dua tahun terakhir biasa tumbuh di pekarangam rumah Iwan. Pada saat mekar, bunga ini tumbuh hingga setinggi 65 centimeter (cm) dan memiliki lebar 60 cm. Selain itu, sebagaimana khasnya, bunga ini mengeluarkan aroma tak sedap sejauh 100 meter.

Iwan mengatakan, bunga bangkai ini merupakan yang kedua kalinya mekar di pekarangan rumahnya dalam kurun dua tahun terakhir. Tahun lalu waktu tumbuhnya juga sama, yakni pada November. “Ketika itu tumbuh dua bunga, namun tidak sebesar seperti sekarang. Dalam 8 jam sudah tumbuh setinggi 65 cm dan lebar 60 cm," ungkapnya.

Iwan menjelaskan, bunga itu diketahuinya setelah pulang kerja dari pabrik. Saat sampai di pekarangan matanya tertuju pada bunga yang tampak sedang mekar. "Saya pun langsung bersih-bersih, karena memang bunganya tertutup rumput. Ketika dibersihkan sudah banyak lalat hijau yang mengerubuti bunga," ujarnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6245 seconds (0.1#10.140)