Laksma TNI Ahmadi Heri Purwono Jabat Komandan Lantamal VIII Manado

Senin, 06 November 2017 - 18:54 WIB
Laksma TNI Ahmadi Heri Purwono Jabat Komandan Lantamal VIII Manado
Laksma TNI Ahmadi Heri Purwono Jabat Komandan Lantamal VIII Manado
A A A
MANADO - Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto memimpin jalannya upacara serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VIII Manado dari Laksamana Pertama (Laksma) TNI Suselo kepada penggantinya Laksma TNI Ahmadi Heri Purwono di Dermaga Madura Koarmatim, Ujung Surabaya, Senin (6/11/2017).

Selaku Irup Pangarmatim, Laksamana Muda TNI Darwanto menyampaikan serah terima jabatan merupakan salah satu pola pembinaan personel TNI Angkatan Laut, khususnya di jajaran Koarmatim.
Tak hanya itu, sertijab juga sebagai kaderisasi kepemimpinan dalam rangka merespons perkembangan saat ini maupun di masa mendatang.

Wilayah kerja Lantamal VIII yang meliputi Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II dan III sebagai jalur pelayaran internasional yang berbatasan langsung dengan perairan negara tetangga, seperti Malaysia dan Filipina. Wilayah kerja Lantamal VIII masih memiliki potensi kerawanan terkait masalah perbatasan perairan beserta persoalan lain yang menyertainya.

Misalnya, penyelundupan senjata dan handak, ilegal migran dan pembajakan. “Kondisi tersebut menuntut terselenggaranya pengawasan dan pengamanan yang lebih baik oleh Lantamal VIII,” kata Darwanto.

Pangarmatim memberikan apresiasi kepada Laksma TNI Suselo yang selama menjabat Komandan Lantamal VIII Manado. Keberhasilan itu di antaranya melaksanakan Opskamla di wilayah kerjanya dengan baik, menggagalkan penyelundupan barang-barang ilegal berupa miras, kayu hitam, ayam Filipina.

Sehingga mendapat penghargaan dari Satgas 115 atas prestasi dan dedikasi, melaksanakan operasi SAR, melaksanakan Corpat Philindo, melaksanakan penanaman terumbu karang dan hutan mangrove, serta melaksanakan pembinaan olah raga perairan. Selanjutnya Laksma TNI Suselo akan menjabat sebagai Ir Kodiklat TNI.

Sedangkan kepada Laksma TNI Ahmadi Heri Purwono yang sebelumnya menjabat Dirminlakgar Ditjenrehan Kemhan RI, Pangarmatim mengucapkan selamat atas kepercayaan yang diberikan oleh pemimpin sebagai Komandan Lantamal VIII Manado.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.6982 seconds (0.1#10.140)