12.000 Peserta Bersaing Jadi yang Terbaik di Raimuna Pramuka Jabar 2017

Jum'at, 03 November 2017 - 08:53 WIB
12.000 Peserta Bersaing Jadi yang Terbaik di Raimuna Pramuka Jabar 2017
12.000 Peserta Bersaing Jadi yang Terbaik di Raimuna Pramuka Jabar 2017
A A A
SUMEDANG - Sebanyak 12.000 pramuka Penegak dan Pandega, usia 16-25 tahun, dari seluruh Indonesia akan bersaing menjadi yang terbaik dalam Raimuna Pramuka Jabar 2017 di Bumi Perkemahan Mashudi, Kiarapayung, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, 7 -14 November 2017.

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jabar Dede Yusuf Macan Effendi mengatakan, Raimuna Pramuka Jabar 2017 mengusung tema "Generasi Berprestasi yang Mampu Berdaya Saing untuk Pembangunan Negeri". Sedangkan slogan raimuna yang berlangsung lima tahun sekali dan 2017 adalah penyelenggaraan ke-13 ini adalah, "Bersaing atau Tenggelam".

Para peserta raimuna, kata Dede, akan mengikuti berbagai macam kegiatan yang terbagi tiga, yakni aktivitas umum, zona, dan special activities. Aktivitas umum meliputi kegiatan harian selama mereka berkemah, seperti pembukaan dan upacara penutupan, heroes festival, rain ball, pameran budaya, bakti masyarakat, dan lain-lain.

Kegiatan zona, ujar Dede, terdiri atas zona petualangan, kesakaan, life skill, scout technic, budaya, multimedia, komunitas, dan global development vilage (GDV). Sedangkan special activities adalah kegiatan andalan Raimuna Pramuka Jabar 2017 yang diisi dengan kegiatan lebih meriah dan spektakuler, seperti kompetisi antarperwakilan kabupaten/kota, memecahkan rekor Muri body percussion dengan peserta terbanyak, dan.job fair.

"Dari setiap kegiatan, para peserta diharapkan dapat merasakan, mempelajari, menghayati, dan mendalami materi," kata Dede Yusuf di Kwarda Pramuka Jabar, Jalan Cikutra, Kota Bandung, Kamis (2/11/2017).

Menurut Dede, terdapat beberapa kegiatan yang membedakan Raimuna 2017 dibanding tahun-tahun sebelumnya. Karena 2020 merupakan tahun bonus demografi bagi Indonesia, di mana usia produktif akan lebih besar dibanding usia nonproduktif, tingkat persaingan dalam mendapatkan pekerjaan akan lebih ketat.

Sementara ketersediaan lapangan kerja terbatas. Tiap tahun Indonesia melahirkan 122 juta angkatan kerja baru. Namun yang terserap tak lebih dari 20 juta. Karena itu, dalam Raimuna kali ini panitia menggelar pelatihan keterampilan dan wawasan tentang peluang kerja unik, menarik, dan menjanjikan. Misalnya, barber shop, barrista, fotografi, dan jurnalistik.

Dalam Raimuna Pramuka Jabar 2017, ungkap Ketua Dewan Kerja Daerah (DKD) Pramuka Jabar sekaligus ketua panitia pelaksana Raimuna Pramuka Jabar 2017, Irfan Paturohman, juga diperkenalkan maskot Si Praja. Nama Si Praja merupakan akronim dari Pramuka Jabar Praja).

Selain itu, panitia juga memperkenallkan theme song Raimuna Pramuka Jabar 2017 berjudul Gelora Sang Pemenang. Lagu ciptaan Ridwan Saputra itu dinyanyikan Jollink Kribo. "Si Praja digambarkan sebagai sosok superhero yang nasionalis, cinta budaya lokal, kekinian, dan pramuka dewasa yang mengamalkan Tri Satya serta Dasa Darma dalam kehidupan sehari-hari," kata Irfan.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3759 seconds (0.1#10.140)