Mahfud MD Berikan Kuliah Umum di Unand, Berikut 5 Fakta Unik Kota Padang

Jum'at, 17 November 2023 - 11:38 WIB
loading...
Mahfud MD Berikan Kuliah Umum di Unand, Berikut 5 Fakta Unik Kota Padang
Mahfud MD saat memberikan kuliah umum di Universitas Andalas (Unand), Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/11/2023) siang. Foto/Ist
A A A
PADANG - Calon Wakil Presiden (Cawapres) Mahfud MD sempat memberikan kuliah umum di Universitas Andalas (Unand), Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), pada Kamis (16/11/2023) siang.

Mahfud MD diundang sebagai pembicara dalam kuliah umum di Unand dengan tema 'Mewujudkan Pemilu 2024 yang Demokratis dan Bermartabat'.

Kedatangannya disambut oleh unsur pimpinan kampus, termasuk Rektor Unand, Profesor Yuliandri, dan Rektor terpilih untuk periode 2023-2028, Dr. Efa Yonnedi.

Rektor Unand, Yuliandri, menyampaikan bahwa ini bukan kali pertama Mahfud MD mengunjungi kampus tersebut.



Dalam sambutannya, Yuliandri mengungkapkan kegembiraan atas kunjungan Mahfud MD lewat pantun "Begitu rindang seperti pohon jati yang bibitnya dibawa oleh mande, kami merasa senang atas kunjungan Pak Mahfud MD," ujar Yuliandri saat menyambut Mahfud MD

Dalam kunjungan ini, Mahfud MD didampingi oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy, serta dihadiri oleh Kapolda Sumbar, Irjen Pol Suharyono, dan unsur Forkopimda lainnya.

Sebagai seorang akademisi dan Menkopolhukam, Mahfud MD dikenal sering menjadi pembicara dalam kuliah umum di berbagai universitas di Indonesia.

Sebelum menjabat sebagai Cawapres bersama Ganjar Pranowo, Mahfud MD juga telah memberikan kuliah umum di universitas ternama, termasuk di Universitas Udayana (Unud), Jimbaran, Badung, pada Selasa, (10/10/2023).

Bukan hanya sebagai menampung situs akademis, Padang juga memiliki sejumlah fakta menarik yang mungkin belum diketahui banyak orang. Berikut adalah 5 fakta unik tentang Kota Padang:

5 Fakta Unik Kota Padang

1. Tidak Ada Mini Market Seperti Indomaret dan Alfamart

Fakta unik Kota Padang yang pertama akan membuat penduduk Kota Metropolitan terkejut. Apabila anda beranjak ke Padang, anda tidak akan temui minimarket seperti Indomaret atau Alfamart. Ini cukup menarik karena kedua minimarket tersebut umumnya hadir di setiap kota, baik besar maupun kecil. Keputusan Pemda Sumbar melarang operasional toko retail ini dengan alasan khawatir dapat merugikan pedagang tradisional.

2. Tidak Ada Rumah Makan Padang?

Fakta unik Kota Padang selanjutnya mungkin akan membuat kalian kaget. Pasalnya, meskipun terkenal dengan masakan Padang, rumah makan Padang tidak dapat ditemukan di Kota Padang. Ada tiga jenis rumah makan yang menyajikan hidangan serupa, yaitu rumah makan ampera, kapau, dan restoran biasa, masing-masing dengan ciri khasnya.

3. Situs Masjid Tertua

Masjid Raya Ganting, yang terletak di Kota Padang, adalah masjid tertua di kota tersebut, berasal dari abad ke-19. Bangunan ini mencerminkan akulturasi etnis di Padang dengan pengaruh Neoklasik dari Eropa yang dominan pada fasadnya. Masjid Raya Ganting memiliki peran penting dalam pengembangan dakwah Islam di awal abad ke-20 dan diakui sebagai cagar budaya oleh pemerintah Indonesia.

4. Pemilik Universitas Terbaik di Sumatera Barat

Kota Padang menjadi rumah bagi beberapa universitas dan institusi pendidikan tinggi, termasuk Universitas Andalas, yang menduduki peringkat 18 di tingkat nasional dan memperoleh akreditasi "A" dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada 2018. Universitas Andalas, diresmikan pada 23 Desember 1955 oleh Wakil Presiden Mohammad Hatta, memainkan peran kunci dalam pengembangan pendidikan tinggi di Sumatera Barat.

5. Budaya Urang Padang

Sebelum dikenal oleh bangsa asing, terutama Belanda, Padang dihuni oleh masyarakat Suku Aceh yang melarikan diri pada abad ke-16. Budaya Urang Padang memiliki pengaruh khas dari Aceh, tercermin dalam rumah adat tradisional dan atribut pakaian pengantin. Budaya ini diperkirakan merupakan hasil akulturasi Minangkabau dan Aceh, dengan rumah tradisional yang mirip dengan Rumah Gadang Serambi Aceh.

Kunjungan Mahfud MD menjadi peluang untuk tidak hanya menggali wawasan akademis, tetapi nyatanya banyak fakta unik Kota Padang selain dari menyimpan salah satu Universitas terbaik di Sumbar.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1175 seconds (0.1#10.140)