5 Fakta Menarik Boyolali, Daerah yang Berjuluk New Zealand Van Java

Senin, 13 November 2023 - 17:24 WIB
loading...
5 Fakta Menarik Boyolali, Daerah yang Berjuluk New Zealand Van Java
Boyolali memiliki julukan New Zealand Van Java karena mampu memproduksi daging dan susu segar. Foto/Visit Jawa Tengah
A A A
JAKARTA - Boyolali merupakan nama kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah . Daerah ini berlokasi di pegunungan, tepatnya di lereng Gunung Berapi dan berbatasan dengan beberapa kabupaten lain seperti Kabupaten Semarang, Karanganyar, dan Surakarta.

Kabupaten Boyolali memiliki beberapa gunung yang terkenal yaitu, Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Kedua gunung tersebut menjadikan kondisi tanah di sebagian besar wilayah Boyolali sangat subur.

Berikut lima fakta menarik yang ada di wilayah Boyolali.

Fakta Menarik Boyolali


1. Dijuluki New Zealand Van Java


Selain mempunyai wilayah yang subur, Boyolali juga terkenal sebagai wilayah yang memproduksi susu dan daging sapi terbesar di Pulau Jawa. Daerah ini juga dikenal sebagai penghasil keju yang berkualitas.



Karena mampu memproduksi daging dan susu, Boyolali memiliki julukan New Zealand Van Java. Kabupaten ini juga mempunyai flora dan fauna yang khas, seperti sapi lokal dan mawar pager.

2. Asal-usul Nama Boyolali


Asal-usul kata Boya dan Lali dikisahkan bermula dari pertemuan antara Ki Ageng Pandan Arang atau Sunan Tembayat dengan Sunan Kalijaga. Ki Ageng Pandan Arang adalah seorang tokoh agama Islam yang juga menjadi bupati pertama di Boyolali pada abad ke-16.

Dikutip dari laman resmi pemerintahannya, pada waktu itu Sunan Kalijaga memberikan nasihat kepada Ki Ageng Pandan Arang agar tidak lupa dengan kewajiban dan amanahnya sebagai pemimpin dan penyebar agama.

Sunan Kalijaga mengucapkan kata Boya dan Lali sebagai ungkapan peringatan dan pengingat. Kata tersebut kemudian melekat dan menjadi nama daerah yang dipimpin oleh Ki Ageng Pandan Arang, yaitu Boyolali.

3. Daerah yang Memiliki Gunung Terkenal


Boyolali memiliki dua gunung yang terkenal, yaitu Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Kedua gunung tersebut menjadikan Boyolali sebagai salah satu daerah yang memiliki potensi wisata alam yang menarik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2189 seconds (0.1#10.140)