5 Fakta Menarik Kota Semarang, Nomor 3 Dijuluki Belanda Venti Van Java

Sabtu, 29 Juli 2023 - 10:42 WIB
loading...
5 Fakta Menarik Kota Semarang, Nomor 3 Dijuluki Belanda Venti Van Java
Kawasan Kota Tua yang ada di Kota Semarang, Jawa Tengah. Saat mendengar nama kota ini kebanyakan orang pasti akan mengingat lunpia, Simpang Lima, dan Kota Tua. Foto/Ist
A A A
SEMARANG - KOTA Semarang merupakan Ibu kota dari Provinsi Jawa Tengah. Saat mendengar nama kota ini kebanyakan orang pasti akan mengingat lunpia, Simpang Lima, dan Kota Tua.

Hal tersebut merupakan ciri khas yang ada di Kota Semarang. Namun untuk memahami kota yang satu ini, ada banyak hal menarik yang perlu diketahui.

Oleh karenanya, simak beberapa fakta menarik dari Kota Semarang berikut ini.

5 Fakta Menarik dari Kota Semarang:

1. Kota Pelabuhan


Pertumbuhan kota Semarang tidak lepas dari kondisi geografis Semarang yang merupakan wilayah pesisir dengan adanya pelabuhan. Pelabuhan menjadi cikal-bakal pertumbuhan Kota Semarang hingga menjadi wilayah perkotaan saat ini

Bermula dari aktivitas perdagangan di pelabuhan menjadikan Kota Semarang sebagai wilayah strategis dalam pengembangan perekonomian dan kontribusi barang-jasa sejak zaman pra kolonialisme. Pelabuhan Tanjung Emas merupakan pelabuhan utama yang ada di Semarang.

2. Hari Jadi Kota Semarang

Dibawah pimpinan Pandan Arang Semarang semakin menunjukkan pertumbuhannya yang meningkat, sehingga menarik perhatian Sultan Hadiwijaya atau Joko Tingkir dari Kesultanan Pajang. Karena persyaratan peningkatan daerah dapat dipenuhi diputuskan untuk menjadikan Semarang setingkat dengan Kabupaten.

Momen ini terjadi pada dua Mei 1547 bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad dan disahkan oleh Sultan Hadiwijaya setelah berkonsultasi dengan Sunan Kalijaga. Tanggal 2 Mei kemudian ditetapkan sebagai Hari Jadi Kota Semarang dan pada tahun ini memasuki usia 476 tahun.

3. Kota Beragam Julukan

kota Semarang mempunyai beberapa julukan, salah satunya Venti Van Java. Sama seperti Venesia yang ada di Italia, Kota Semarang juga banyak dilalui oleh sungai, sehingga Belanda menyebut Semarang sebagai Venti Van Java atau Venesia dari Jawa.

Julukan lainnya ada Kota Atlas, yaitu kepanjangan dari aman tertib asri dan sehat. Semarang juga punya julukan The Board of Java atau Pelabuhan Jawa sebagai upaya pencitraan kota Semarang sebagai pusat Pelabuhan Jawa.

4. Wisata Semarang

Semarang memiliki banyak pilihan tempat wisata menarik. Daerah ini menawarkan segudang tempat wisata mulai dari sejarah sampai alam yang menawan.

Beberapa wisata yang cukup dikenal, antara lain Seperti Lawang Sewu, Saloka Theme Park, klenteng Sam Poo Kong, kota lama Semarang, museum rekor dunia Indonesia dan masih banyak lagi.

5. Kuliner Khas Semarang


Lunpia merupakan kuliner atau makanan khas dari Semarang. Isiannya yang membedakan dengan kota lainnya adalah lumpia pada umumnya menggunakan rebung atau sayuran seperti wortel, kecambah dan kubis.

Lunpia semarang biasanya berbahan dasar rebung, daging ayam, dan telur. Selain itu, ada juga makanan khas lainnya seperti tahu gimbal, soto bangkong, mi kopyok dan masih banyak lagi yang lainnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1122 seconds (0.1#10.140)