Kisah Sjukur Slamet, Perakit Bom Didikan Pasukan Berani Mati Bung Tomo

Senin, 13 November 2023 - 07:28 WIB
loading...
Kisah Sjukur Slamet, Perakit Bom Didikan Pasukan Berani Mati Bung Tomo
Pasukan Berani Mati bentukan Bung Tomo cukup berhasil dalam memberikan perlawanan ke tentara sekutu. Foto/Istimewa
A A A
SURABAYA - Pasukan Barisan Berani Mati yang dibentuk Bung Tomo cukup berhasil dalam memberikan perlawanan ke tentara sekutu. Pasukan ini disiapkan oleh Bung Tomo untuk mempertahankan wilayah Surabaya dari cengkeraman sekutu.

Bung Tomo membentuk pasukan ini untuk melahirkan para pejuang yang tidak gentar berperang melawan tentara musuh, siap mati, dan siap menjadi syuhada. Namun Bung Tomo tidak mau memaksakan orang-orang untuk dijadikan pasukan atau anggota Barisan Berani Mati.

Konon Pasukan Berani Mati ini berasal dari beberapa anggota tentara Pembela Tanah Air (PETA) yang dibentuk Jepang. Namun tak hanya mereka yang sudah terlatih berperang saja, para warga yang ingin berjuang juga turut diterima dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu.



Para pendaftar pasukan ini datang dan mendaftarkan diri dengan sukarela tanpa ada paksaan sedikit pun dikutip dari buku “Bung Tomo: Hidup dan Mati Pengobar Semangat Tempur 10 November”.

Bung Tomo memanggil siapa saja yang siap dan ikhlas dikader menjadi anggota Barisan Berani Mati lewat siaran radio pemberontakan. Bagi yang mendaftar akan dilatih secara intensif ala militer sehingga siap diterjunkan ke medan perang.

Tempat latihannya di Tembok Dukuh. Materi latihannya berkaitan dengan cara-cara peperangan untuk menaklukkan para tentara musuh lazimnya para mujahid.



Cara-cara menggunakan bahan peledak untuk menghadapi kendaraan tempur musuh, cara menggunakan senjata, bela diri, dan lain sebagainya.

Mereka didoktrin dengan mental baja dan semangat jihad yang tidak mengenal rasa takut, walaupun nyawa menjadi taruhan utamanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2982 seconds (0.1#10.140)