Punya Program Bagus, Pedagang Pasar Deklarasi Dukungan Ganjar-Mahfud

Sabtu, 11 November 2023 - 17:15 WIB
loading...
Punya Program Bagus, Pedagang Pasar Deklarasi Dukungan Ganjar-Mahfud
Para pedagang pasar tradisional Dader, Kabupaten Bojonegoro deklarasi mendukung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Sabtu (11/11/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BOJONEGORO - Pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendapat dukungan penuh dari para pedagang pasar tradisional Dader, Kabupaten Bojonegoro. Mereka menunjukkan dukungannya itu lewat aksi deklarasi.

Deklarasi disaksikan langsung para pengunjung pasar dan Korwil Kiai Muda Jatim Gus Ali Baidlowi. “Kegiatan hari ini mengadakan sosialisasi tentang Pak Ganjar Pranowo terhadap pedagang pasar dan sekaligus deklarasi dukungan kepada Bapak Ganjar dan Pak Mahfud,” kata Gus Ali Baidlowi, Sabtu (11/11/2023) dini hari.

Sebelum deklarasi mendukung Ganjar-Mahfud, para pedagang terlebih dahulu mengikuti sosialisasi yang dilakukan relawan Kiai Muda Ganjar Jatim. Tak sekadar mengenalkan Ganjar-Mahfud, para relawan Kiai Muda juga menyerap masukan dan aspirasi para pedagang di pasar tersebut.

“Masyarakat menginginkan agar ekonomi kemasyarakatan terutama di pasar-pasar, perlu ditingkatkan, perlu dibenahi lagi. Ataupun, kalau nanti Pak Ganjar dan Pak Mahfud terpilih di 2024 lebih menggiatkan (program di pasar),” ujar Gus Ali menyimpulkan harapan dari para pedagang.

Menurutnya, pasar tradisional memiliki potensi ekonomi yang besar di Indonesia khususnya untuk Kabupaten Bojonegoro. Hal ini lantaran pasar tradisional masih menjadi pusat jual-beli berbagai komoditas khususnya kebutuhan pokok masyarakat.

Selain itu, Gus Ali melihat pasar tradisional juga menjadi tempat mata pencaharian masyarakat kelas menengah ke bawah yang selama ini kesulitan mendapatkan pekerjaan di perusahaan besar. “Di desa-desa itu lapangan pekerjaan (terbatas) mungkin mereka sulit untuk menjadi karyawan dan sebagainya. Untuk mendongkrak ekonomi mereka adalah pasar. Apalagi pasar tradisional, pasar malam,” ujarnya.

Para pedagang di Pasar Dender optimistis pasangan Ganjar-Mahfud akan memperhatikan dan membantu mereka setelah terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029 mendatang.

Apalagi Ganjar berpengalaman dalam pemerintahan sebagai subernur Jawa Tengah selama dua periode. Bahkan salah satu keberhasilannya mengembangkan ekonomi kerakyatan melalui revitalisasi pasar-pasar.

“Pedagang dan petani (berharap) bisa jualan lebih baik, dan produk-produknya yang dijual tidak naik lagi (harganya). Sekarang kan banyak yang naik. Kalau bisa jangan naik lagi kasian penduduk kecil kayak kita,” kata Nur Ulifah, salah seorang pedagang mewakil rekan-rekannya.

Selain itu, dia juga mengharapkan bantuan modal dari pemerintah untuk mengembangkan usaha kecilnya. “Pedagang kalau yang dibutuhkan itu, modalnya itu yang kurang. Kalau pinjam ke rentenir bunganya banyak,” ujarnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1489 seconds (0.1#10.140)