Prihatin, Budaya Minat Baca Kalah dengan Gadget

Rabu, 11 Oktober 2017 - 07:00 WIB
Prihatin, Budaya Minat Baca Kalah dengan Gadget
Prihatin, Budaya Minat Baca Kalah dengan Gadget
A A A
KULONPROGO - Budaya minat baca masyarakat kalah dengan keberadaan gadget. Saat ini anak-anak maupun orang dewasa lebih gandrung bermain game di gadget atau berselancar di dunia maya.

“Tidak dapat dipungkiri banyak orang makin malas membaca buku,” jelas Jumanto, Staf Ahli Bupati Kulonprogo saat membuka Pesta Buka Murah Terlengkap Kulonprogo 2017 di halaman Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kulonprogo Selasa (10/10/2017).

Masyarakat, kata dia, kian malas membaca. Mereka butuh sesuatu yang instan. Begitu butuh mereka akan mengandalkan mesin pencari, untuk mencarti topik permasalahan.

Pesta Buku Murah Terlengkap Kulonprogo 2017 dengan tagline “Pengen Mulyo Ato Maca” diharapkan dapat meningkatkan minat baca, menjadi media edukasi, dan media transaksi bagi masyarakat Kulonprogo. Membaca akan meningkatkan wawasan pengetahuan dan menjadikan manusia yang berbobot, berisi dan berwawasan.

“Hidup kita akan menjadi lebih bermakna (mulyo) karena membaca,” ujar Jumanto.

Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulonprogo Djoko Kushermanto mengatakan, dalam event ini juga ada rangkaian kegiatan meliputi wisata buku untuk siswa TK, SD, Try Out Tes CPNS, Lomba Mewarnai Anak (PAUD dan TK), Workshop Pelatihan Mendongeng (Guru PAUD dan Umum).

“Ada juga sedekah buku untuk Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dan 5 Perpustakaan Desa Binaan Pilihan,” tuturnya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4520 seconds (0.1#10.140)