Gempa Bumi Tektonik 4,3 SR Guncang Kupang NTT

Senin, 09 Oktober 2017 - 15:38 WIB
Gempa Bumi Tektonik 4,3 SR Guncang Kupang NTT
Gempa Bumi Tektonik 4,3 SR Guncang Kupang NTT
A A A
KUPANG - Gempa Bumi tektonik dengan kekuatan, 4,3 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur dan sekitarnya, Senin (9/10/2017) sekitar pukul 13.09.44 WITA.

Sesuai hasil analisis BMKG menunjukan gempa bumi yang terjadi berada di darat atau 11 kilometer arah tenggara Kota Kupang dengan episentrum gempa pada titik koordinat 10.25 LS dan 123.66 BT dan kedalaman 10 km.

Berdasarkan hasil analisis peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG, dampak gempa bumi ini menimbulkan guncangan pada I Skala Intensitas Gempa bumi BMKG (SIG-BMKG) atau I-II skala intensitas Modified Mercally Intensity (MMI) di wilayah Kota Kupang dan sekitarnya.

Kepala Stasiun Geofisika Kampung Baru Kupang, Drs Hasanudin menjelaskan, berdasarkan informasi masyarakat yang diterima di BMKG getaran gempa bumi dirasakan I SIG-BMKG (I-II MMI) di wilayah Kota Kupang dan Kabupaten Kupang.

Menurutnya, ditinjau dari kedalaman hiposentrumnya, gempa bumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal Terkait dengan peristiwa gempabumi Kabupaten Kupang yang baru saja terjadi.

"Hingga laporan ini disusun pada pukul 15.39 WITA, belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami, dikarenakan pusat gempa bumi berada di darat," jelasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0934 seconds (0.1#10.140)