Sejarah dan Asal-usul Nama Kabupaten Batu Bara di Sumatera Utara

Senin, 06 November 2023 - 16:13 WIB
loading...
Sejarah dan Asal-usul Nama Kabupaten Batu Bara di Sumatera Utara
Batu Bara merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Utara. Foto/Wikipedia
A A A
JAKARTA - Batu Bara merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Utara . Kabupaten ini terbilang masih baru lantaran hasil pemekaran dari Kabupaten Asahan.

Meski menjadi kabupaten yang baru, wilayah Batu Bara sendiri menyimpan sejarah yang panjang. Adapun sejarah dan asal-usul dari kabupaten yang satu ini adalah sebagai berikut.

Sejarah dan Asal-usul Nama Kabupaten Batu Bara


Asal-usul nama Kabupaten Batu Bara tidak lepas dari sejarah penambangan batu bara di wilayah tersebut. Batu bara adalah salah satu sumber daya alam yang melimpah di Kabupaten Batu Bara.

Penambangan batu bara di Kabupaten Batu Bara dimulai sejak zaman Belanda. Kegiatan tersebut terus dilanjutkan oleh Jepang dan masih berlanjut hingga sekarang.



Nama Batu Bara sendiri berasal dari kata “batu” yang berarti batu dan “bara” yang berarti api. Kata ini menggambarkan sifat batu bara yang mudah terbakar dan menghasilkan panas.

Nama Batu Bara juga memiliki makna filosofis bagi masyarakat setempat. Batu melambangkan kekuatan, keteguhan, dan ketahanan, sedangkan bara melambangkan semangat, keberanian, dan kehangatan.

Dengan begitu, nama ini terus menginspirasi masyarakat Batu Bara untuk terus berjuang dan berkembang.

Sejarah terbentuknya Kabupaten Batu Bara dimulai dengan keinginan masyarakat di wilayah bekas Kewedanan Batu Bara untuk membentuk sebuah kabupaten otonom baru. Upaya ini telah dimulai sejak tahun 1957, namun mengalami kendala ketika terjadi dinamika politik nasional hingga akhir tahun 1969.

Sejak saat itu, masyarakat Batu Bara mulai membentuk aspirasi supaya 5 kecamatan yang ada discana menjadi sebuah kabupaten baru. Langkah tersebut melahirkan Panitia Pembentukan Otonom Batu Bara (PPOB).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0855 seconds (0.1#10.140)