Wamenag: STG Ajang Efektif bagi Umat Buddha Perdalam Tripitaka

Kamis, 02 November 2023 - 20:16 WIB
loading...
Wamenag: STG Ajang Efektif bagi Umat Buddha Perdalam Tripitaka
Wamenag Saiful Rahmat Dasuki membuka STG ke-XI di Kota Magelang, Jawa Tengah, Kamis (2/11/2023). Foto/MPI/Abdul Hakim
A A A
MAGELANG - Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki mengajak umat Buddha untuk menjadikan Swayamwara Tripitaka Gatha (STG) ke-XI sebagai ajang strategis untuk mengkaji dan memperdalam esensi Kitab Suci Tripitaka.

"Selain kejuaraan yang menghasilkan kemenangan, ada tujuan lain yang lebih mulia dari STG yakni terajutnya persatuan dan kesatuan dan bagaimana umat Buddha dapat mengkaji dengan lebih mendalam esensi dan nilai-nilai yang terkandung di dalam kitab suci Tripitaka sehingga pemahaman dan spiritualitas beragama (khususnya agama Buddha) lebih meningkat," ujar Wamenag pada pembukaan STG ke-XI di Kota Magelang, Jawa Tengah, Kamis (2/11/2023).



Wamenag juga mengapresiasi Lembaga Pengembangan Tripitaka Gatha (LPTG) yang telah melakukan kajian mendalam mengenai materi Tripitaka untuk kemudian layak dilombakan.

Dia menekankan yang terpenting dari tujuan dilaksanakannya STG ini adalah bagaimana umat Buddha dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan yang dalam istilah Buddhis disebut sradha dan bhakti kepada Tuhan yang Maha Esa dan Sang Tri Ratna atau Buddha, Dharma, dan Sangha.



Dengan demikian dalam berpikir, bertutur, dan berbuat umat senantiasa berpedoman pada nilai-nilai luhur ajaran agama Buddha.

Ketua Umum LPTG David Herman Jaya juga berharap STG kali ini tidak sekadar menjadi ajang lomba berlevel nasional semata. Lebih dari itu, David mengajak para peserta untuk menjadikan nilai-nilai Tripitaka bisa mewujud nyata dalam kehidupan sehari-hari sebagaimana diajarkan oleh sang Buddha.



"Kegiatan ini melibatkan ribuan peserta dari 33 provinsi. Dengan banyaknya peserta sayembara kami berharap akan jadi kebersamaan yang indah. Dan sinergitas bagi Indonesia yg makmur sejahtera," ujar David.

Para peserta dalam STG 2023 memperebutkan piala bergilir Presiden Republik Indonesia.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3188 seconds (0.1#10.140)