Heboh! Sumur Warga Tanjungpinang Bisa Menyala saat Disulut Api, Ini Pemicunya

Kamis, 02 November 2023 - 14:55 WIB
loading...
Heboh! Sumur Warga Tanjungpinang Bisa Menyala saat Disulut Api, Ini Pemicunya
Air sumur warga di Jalan Nila, Kelurahan Tanjungpinang Barat, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), tercemar minyak dan dapat menyala saat disulut api. Foto/iNews TV/Humala Nasution
A A A
TANJUNGPINANG - Warga di Jalan Nila, Kelurahan Tanjungpinang, Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), dibuat heboh dengan air sumur yang dapat menyala saat disulut pakai api. Kondisi ini salah satunya terjadi di sumur milik warga bernama Mina.

Baca Juga: 20 Sumur Milik Warga di Bengkulu Tercemar BBM

Mina mengaku, kondisi ini sudah terjadi sejak beberapa hari terakhir. Air sumur tiba-tiba tercemar minyak. Total ada sekitar tujuh sumur warga yang tercemar minyak, dan yang terparah adalah sumur milik Mina.



"Awalnya mesin pompa air di sumur saya rusak, dan tidak dapat menyedot air dari dalam sumur untuk dialirkan ke tandon. Kedalamannya sumur itu sekitar 11 meter. Lalu pompa air diperbaiki," ungkapnya.



Setelah pompa air selesai diperbaiki, ternyata saat dicoba yang ke luar dari sumur bukan air melainkan minyak. Melihat hal itu, ibu rumah tangga tersebut merasa khawatir karena air sumurnya mengandung banyak minyak sehingga tidak dapat dipakai masak, mencuci, dan mandi.

Heboh! Sumur Warga Tanjungpinang Bisa Menyala saat Disulut Api, Ini Pemicunya


Aroma minyak sangat menyengat, dan warnanya juga sangat pekat. Saat minyak dari dalam sumur tersebut dicobakan ke sepeda motor, ternyata mesin motor tersebut juga dapat menyala.



Akibat kondisi air sumur bercampur minyak tersebut, Mina mengaki terpaksa tetap menggunakan air itu untuk kebutuhan sehari-hari, namun air terlebih dahulu didiamkan dan disaring agar terpisah dari minyak.

Heboh! Sumur Warga Tanjungpinang Bisa Menyala saat Disulut Api, Ini Pemicunya


Ketua RT Kelurahan Tanjungpinang Barat, Hendra mengatakan, dari hasil pendataan sementara ada sekitar tujuh sumur warga yang tercemar minyak. Warga telah melaporkannya ke Dinas Lingkungan Hidup Kota Tanjungpinang, namun belum ada kejelasan. "Selain sumur pribadi milik warga, pencemaran minyak ini juga terjadi di sumur umum," tuturnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3470 seconds (0.1#10.140)