Pemkot Bandung Dorong Hotel Kelola Sampah Mandiri, Bisa Bebas Retribusi

Selasa, 31 Oktober 2023 - 10:44 WIB
loading...
Pemkot Bandung Dorong Hotel Kelola Sampah Mandiri, Bisa Bebas Retribusi
Pemkot Bandung mendorong pengelola hotel mengolah sampah secara mandiri. Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mendorong pengelola hotel mengolah sampah secara mandiri. Pemkot pun memberikan garansi jika hotel komitmen mengolah sendiri, maka tak ada kewajiban membayar retribusi sampah.

"Kalau hotel di Kota Bandung bisa menangani sampah 100 persen, tidak usah ada kewajiban bayar retribusi sampah. Tinggal kita berkomitmen saja sampah selesai di tempat masing-masing," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna.

Dia mengungkapkan, salah satu langkah inspiratif bisa dicontoh dari mal PVJ. Setiap hari PVJ memproduksi 5 ton sampah, 90 persen di antaranya adalah sampah organik.

"Dan itu sudah selesai dengan maggot. Mereka mau berkorban penanganan masalah sampah, disiapkan lahan untuk menangani sampah dengan maggot. Lalu sampah anorganik kerja sama dengan pengepul. Sisanya 2 persen sampah residu yang dibuang ke TPA," jelasnya.



Ema mengimbau, jangan sampai sampah mematikan potensi pariwisata Kota Bandung. Terlebih Kota Bandung sangat bergantung pada sektor jasa pariwisata.

"Bebas, caranya bisa disesuaikan masing-masing. Silakan pilih cara seperti apa yang cocok untuk di lingkungannya. Jangan sampai di tempat bapak ibu semua ada sampah yang menumpuk. Itu kan membuat orang jadi tidak tertarik berkunjung," imbaunya.

Dia menyebutkan, dari 135 TPS, kini sudah ada 108 TPS yang bisa ditangani dan mulai mendekati normal.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0918 seconds (0.1#10.140)