Begini Kondisi Pasien Pertama Cacar Monyet di Bandung, Alami Lecet di Sekitar Kemaluan

Senin, 30 Oktober 2023 - 17:47 WIB
loading...
Begini Kondisi Pasien Pertama Cacar Monyet di Bandung, Alami Lecet di Sekitar Kemaluan
Pasien pertama terinfeksi cacar monyet di Bandung, Jawa Barat mengalami lecet di sekitar kemaluannya. Foto/ilustrasi/Dok.MPI
A A A
BANDUNG - Warga Kota Bandung menjadi pasien pertama di Jawa Barat yang terinfeksi cacar monyet atau Monkeypox. Gejala awal yang dialami oleh pasien tersebut yakni mengalami lecet di sekitar kemaluan.

"Pertama pasien mengalami lecet-lecet di sekitar kemaluan, itu pada tgal 8 Oktober 2023, kemudian tanggal 14 Oktober pasien mengalami demam, tanggal 15 muncul papul-papul (benjolan) di tangan, kemudian di wajah sampai ke rambut," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Jabar, Rochady Hendra Setia Wibawa, Senin (30/10/2023).



Setelah muncul banyak papul di beberapa bagian organ tubuh, kata Rochady, pasien kemudian berobat pada 23 Oktober 2023 ke puskesmas setempat. Setelah itu, petugas surveilans dan puskesmas berkordinasi dengan Dinkes Kota bandung.



"Koordinasi untuk dapat dirujuk ke RSHS pada tanggal 24 Oktober 2023, tanggal 24 dirawat di RSHS, kemudian tanggal 25 Oktobernya diambil sampel pemeriksaan dan dikirim ke laboratorium Kemenkes," katanya.

Rochady mengatakan, hasil pemeriksaan sampel sendiri keluar pada 27 Oktober 2023. Saat itu, Kemenkes menyatakan pasien positif terkena cacar monyet.

"Hasil laboratoriumnya positif, tanggal 28-29 Oktober kami koordinasi dengan RSHS, Dinkes Bandung dan Dinkes Jabar untuk tindak lanjut. Bila tidak ada kegawatdaruratan atau indikasi rawat intensif, maka akan diisolasi di RS Bandung Kiwari," jelasnya.


Sebelumnya diberitakan, Kemenkes menyatakan, kasus cacar monyet atau Monkeypox sudah masuk ke Jabar. Hal itu ditandai dengan ditemukannya warga asal Kota Bandung yang positif cacar monyet.

"Iya (Monkeypox sudah masuk Jabar), satu kasus dari Bandung itu dilaporkan oleh kemenkes, Dirjen P2P Kemenkes," ucap Kabid P2P Dinkes Jabar, Rochady Hendra Setia Wibawa, Senin (30/10/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1059 seconds (0.1#10.140)