Kepala Bappeda Jatim Harap Hadirnya Forum Geopark Dapat Memaksimalkan Potensi Pengelolaan Geopark

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 18:44 WIB
loading...
Kepala Bappeda Jatim Harap Hadirnya Forum Geopark Dapat Memaksimalkan Potensi Pengelolaan Geopark
Kepala Bappeda Provinsi Jawa Timur Mohammad Yasin. (Foto: dok Pemkab Bojonegoro)
A A A
BOJONEGORO - Setelah mengunjungi dua geopark Bojonegoro yakni Kayangan Api pada Selasa (24/10/2023) dan Geopark Nasional Wonocolo pada Rabu (25/10/2023), rangkaian kegiatan Forum Geopark Jawa Timur di Kabupaten Bojonegoro telah berakhir. Lewat Forum Geopark tersebut diharapkan bisa memaksimalkan pengelolaan geopark di Jawa Timur.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Timur Mohammad Yasin menjelaskan bahwa geopark merupakan suatu konsep manajemen pengembangan kawasan yang berkelanjutan guna menciptakan nilai-nilai kebersamaan (shared values) dalam mengelola alam dan budaya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Lebih lanjut, ia menjelaskan geopark adalah sebuah wilayah geografi tunggal atau gabungan, yang memiliki situs warisan geologi dan bentang alam yang bernilai, terkait aspek warisan geologi, keragaman geologi, keanekaragaman hayati, dan keragaman budaya. Semuanya dikelola untuk keperluan konservasi, edukasi, dan pembangunan perekonomian masyarakat secara berkelanjutan dengan keterlibatan aktif dari masyarakat dan pemerintah daerah.

“Geopark dapat digunakan untuk menumbuhkan pemahaman dan kepedulian masyarakat terhadap bumi dan lingkungan sekitarnya,” ucapnya.

Dengan kegiatan Forum Geopark yang diselenggarakan di Bojonegoro, Jawa Timur memiliki potensi pengembangan geopark yang cukup lengkap. Yakni dari sisi tema yang beragam, lokasi yang menyatu dengan kegiatan wisata dan konservasi serta dukungan regulasi yang baik. Salah satunya adalah Geopark berstatus Geopark Nasional (GN) yaitu Wonocolo di Kabupaten Bojonegoro.

“Besar harapan kami dukungan dari Badan Geologi untuk terus mengawal Geopark-Geopark yang ada di Jawa Timur, khususnya yang saat ini sedang berproses menuju Geopark Nasional,” ujarnya.

Ia menyampaikan bahwa sebagai bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Jawa Timur terhadap pengembangan geopark, Gubernur Jawa Timur telah menerbitkan Surat Keputusan Gubernur Nomor 188/ 143/KPTS/013/2023 tentang Forum Geopark di Jawa Timur. Dengan adanya forum ini diharapkan bisa mengoptimalkan beragam potensi geopark di Jawa Timur dan berpotensi menjadi bagian dari akselerator pembangunan yang berkelanjutan.

“Melalui forum ini juga proses perencanaan, pengawasan, pengembangan dan pengelolaan geopark di Jawa Timur diharapkan bisa berjalan lebih maksimal,” ujarnya.
(dsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3320 seconds (0.1#10.140)