Sukses Atasi Masalah Perekonomian Kota, Pemkot Padangsidimpuan Raih Penghargaan IVL 2023

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 10:42 WIB
loading...
Sukses Atasi Masalah Perekonomian Kota, Pemkot Padangsidimpuan Raih Penghargaan IVL 2023
Pemkot Padangsidimpuan raih penghargaan Indonesia Visionary Leader 2023 kategori The Best in Local Economic Empowerment Advocate. (Foto: iNews Media Group)
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kota (Pemkot) Padangsidimpuan berhasil bawa pulang penghargaan bergengsi Indonesia Visionary Leader (IVL) 2023 Season XIII lewat kategori The Best in Local Economic Empowerment Advocate. Penghargaan tersebut diberikan pada malam Inagurasi Indonesia Visionary Leader (IVL) 2023 yang digelar oleh iNews Media Group di MNC Conference Hall iNews Tower Lantai 3 Kebon Sirih, Jakarta Pusat, pada Kamis (26/10/2023).

Sesuai dengan visi kota Padangsidimpuan, bertajuk “Padangsidimpuan Bersinar” artinya berkarakter, bersih, aman, dan sejahtera.” Dalam menjalankan visi tersebut, Pemkot Padangsidimpuan tiap tahunnya terus berusaha untuk meningkatkan perekonomian kota agar bisa mensejahterakan masyarakat melalui sektor pertanian maupun sektor perdagangan.

Pada 2018, Pemkot Padangsidimpuan sempat mengalami penurunan di segi pertumbuhan ekonomi. Namun pada 2020 hingga 2021 tepatnya pada masa pandemi Covid-19, perekonomian perlahan tumbuh dengan cukup baik dibandingkan tahun sebelumnya.

Seperti diketahui, Kota Padangsidimpuan sebagai pusat kota pertumbuhan ekonomi dan menjadi pintu bagi beberapa daerah sekitar, seperti Sumatera Barat, Kota Medan, dan kota sekitarnya, sehingga kota ini cenderung menjadi kota yang konsumtif bagi pelaku konsumen.

Selain itu, Kota Padangsidimpuan juga menjadi kota produsen, untuk itu Pemkot perlu menghitung keseimbangan antara nilai tukar petani dengan kemampuan daya beli masyarakat.

Seperti disampaikan oleh Wali Kota Padangsidimpuann sebelumnya, Irsan Efendi Nasution yang sudah mengakhiri jabatannya pada 27 September lalu, bahwa Pemkot benar-benar harus menghitung keseimbangan antara nilai tukar petani dengan kemampuan daya beli masyarakat, keseimbangan keduanya harus dijaga dengan baik.

Ketahanan pangan ini, Pemkot Padangsidimpuan terus fokus mendorong potensi-potensi yang ada dari berbagai sektor, seperti sektor pertanian. Potensi bawang merah menjadi salah satu hasil panen terbesar yang ada di PadangSidimpuan. Untuk itu, Pemkot terus mendorong dan menyokong para petani, selain mampu meningkatkan perekonomian keluarga, kedepannya akan menjadi penyedia bibit yang berkualitas.

Sukses Atasi Masalah Perekonomian Kota, Pemkot Padangsidimpuan Raih Penghargaan IVL 2023

Wali Kota Padangsidimpuan periode sebelumnya yaitu Irsan Efendi Nasution, saat turun langsung melakukan panen perdana penangkar bibit bawang merah di Desa Aek Najaji Kecamatan Psp Batunadua. (Foto: dok Pemkot PadangSidimpuan)

Dalam pengembangan bawang merah ini, Kota Padangsidimpuan bisa menjadi cikal bakal budidaya yang kedepannya akan mampu membantu peningkatan perekonomian masyarakat. Dengan hasil yang memuaskan, yakin akan mampu menuju kota swasembada bibit bawang merah.

Kemudian, selain pada sektor pertanian, sektor perdagangan juga menyumbang dalam membangun perekonomian kota, karena itulah suplai beberapa kebutuhan dan barang harus dijaga dan tetap tumbuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1080 seconds (0.1#10.140)