Siap Wujudkan Kota Kreatif Dunia 2025, Pemkot Malang Raih Indonesia Visionary Leader 2023

Kamis, 26 Oktober 2023 - 22:48 WIB
loading...
A A A
MCC dirancang sebagai wadah yang representatif dan nyaman yang mampu memberikan layanan dan fasilitasi kebutuhan tempat berinteraksi, berekspresi dan memamerkan hasil kreativitas serta inovasi para insan pelaku kreatif. Tentu saja hal ini bertujuan untuk dapat berkolaborasi dan berkembang bersama demi membangkitkan perekonomian.

MCC sendiri merupakan rumah bagi para pelaku 17 subsektor ekonomi kreatif, di antaranya arsitektur, film, fotografi, kriya, kuliner, seni rupa, desain produk, aplikasi, game, televisi dan radio, fesyen, pertunjukan, desain interior, periklanan, penerbitan, DKV, dan musik.

“MCC akan dioptimalkan sebagai creative hub dan pusat kelahiran kebudayaan kreatif Malang dan Indonesia,” ujar Wahyu.

Gedung ini dibangun terdiri dari 8 lantai dengan fasilitas dan fungsi yang lengkap menyesuaikan dengan kebutuhan industri kreatif di Malang. Lantai 2 terdiri atas Animation, Motion Capture, & Broadcast Studio dan City Planning Gallery. Sementara itu, adapun Creative Design Store dan Food Lab & Coworking Space di lantai 3.

Lantai 4 MMC menyajikan Food Lab & Coworking Space, serta Batik Gallery & Workshop. Selanjutnya, pengunjung bisa menemukan Cinema Studio dan Library di lantai 5. Di lantai 7 terdapat Auditorium dan lantai 8 bisa menjadi tempat berdiskusi santai dengan berdirinya Rooftop Café.

Siap Wujudkan Kota Kreatif Dunia 2025, Pemkot Malang Raih Indonesia Visionary Leader 2023

Gedung Malang Creative Center. (Foto: dok Instagram/mcc.or.id)
Sejak diresmikan pada Desember 2022 lalu, hingga kini telah tercatat sekitar 500 kegiatan telah digelar di MCC. Berbagai event skala besar seperti pameran, workshop, fashion show, dan lomba yang melibatkan hingga ratusan orang telah digelar dengan sukses. Selain itu, adapun 300 UMKM dan pelaku ekraf berkantor di MCC.

Wahyu menyebutkan ada enam kebijakan Menuju Kota Kreatif Dunia, di antaranya peningkatan infrastruktur pendukung, penguatan sinergi kebijakan dan regulasi ekraf, serta peningkatan layanan pendukung.

Selain itu juga Pemkot Malang juga melakukan peningkatan pelatihan dan kapasitas SDM industri kreatif, pembentukan sistem kelembagaan ekraf yang sinergis dan kolaboratif menciptakan ekosistem ekraf, serta integrasi data dan riset.

Siap Wujudkan Kota Kreatif Dunia 2025, Pemkot Malang Raih Indonesia Visionary Leader 2023

Foto bersama para penerima penghargaan dengan Managing Director iNews Media Group Rafael Utomo dan Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas pada Malam Inagurasi Indonesia Visionary Leader 2023. (Foto: dok iNews Media Group/Aldhi Chandra Setiawan)
Indonesia Visionary Leader adalah ajang penghargaan bergengsi yang diselenggarakan oleh iNews Media Group (Okezone.com, Sindonews.com, iNews.id).

Program ini dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi atau penghargaan terhadap para pemimpin visioner di kategori pemerintahan, BUMN, brand, dan institusi lainnya.IVL merupakan bukti komitmen iNews Media Group dalam mencetak para pemimpin bangsa yang visioner. Pada sesi ke-13 ini, IVL mengangkat tema ‘Pemimpin sebagai Penjaga Resiliensi Ekonomi’.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1802 seconds (0.1#10.140)